Cara Mudah Wujudkan Kaki Sehat

30 September 2010 Artikel Kesehatan


Kaki adalah bagian tubuh yang mendapatkan tekanan paling besar saat tubuh beraktivitas. Maka itu, tidak salah rasanya bila kita memberikan perhatian lebih pada bagian tubuh yang seringkali terabaikan, tapi ternyata memiliki fungsi penting sebagai penunjang tubuh kala beraktivitas.

1. Ketika memulai olahraga, awali dengan gerakan perlahan dan seimbang. Mulai dengan gerakan low impact dengan gerakan kaki yang sedikit. Pilih olahraga berenang atau bersepda ketimbang joging atau tenis.

2. Utamakan kaki kanan. Saat memilih sepatu, pastikan kaki kanan Anda merasa nyaman sehingga dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Jangan beli sepatu yang Anda rasa tak nyaman dan berharap ukurannya akan melebar setelah lama dipakai meski sangat menyukai modelnya.

3. Regangkan kaki, pergelangan kaki dan jari kaki sebelum dan sesudah berktivitas berat seperti olahraga. Ini merupakan cara terbaik menghindari cedera kaki. Karena kaki adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan, penting untuk menjaga otot, ligamen, dan tendon pergelangan kaki. Jangan remehkan cedera ringan karena dapat berakibat lebih parah di kemudian hari.

4. Udara lembap di dalam sepatu merupakan kondisi yang sangat cocok bagi berkembangnya jamur. Jamur bisa menyebabkan infeksi pada kaki. Maka itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan kaki.

5. Relaksasikan kaki dengan rutin berkunjung ke spa guna menyeimbangkan dengan tekanan yang didapatkan. Merendam kaki di dalam air hangat tiga kali seminggu mampu mneyegarkan dan melembutkan kulit kaki. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com