Cara Mudah Singkirkan Cemas

16 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Hampir setiap hari rasanya kita bisa merasa cemas. Baik karena hal yang remeh maupun darurat. Itu semua merupakan hal yang alami saja, tapi jika terus-menerus rasa cemas bisa berkembang menjadi stress dan berujung pada depresi.

Namun, ada sisi baiknya, sedikit rasa cemas bisa menjaga tingkat kewaspadaan, lebih fokus, sehingga Anda siap menghadapi problem yang mungkin menghadang, itu semua tergantung bagaimana cara Anda mengontrolnya. Berikut beberapa trik mengontrol rasa cemas yang bisa muncul sewaktu-waktu, seperti dikutip dari Shine.com:

1. Akui
Akui dan katakan saja bahwa Anda merasa cemas lalu fokuskan diri terhadap masalah itu agar Anda tahu apa solusi terbaiknya. Dengan begitu, tekanan yang dirasakan pun akan berkurang.

2. Tidak makan junk food
Makanan berbahan dasar gandum putih seperti kue, permen, keripik, dan minuman berkafein bisa mengikis kandungan nutrisi dan vitamin di dalam tubuh yang bisa membuat Anda tenang. Maka itu, dalam masa sulit, pastikan selalu makan makanan berprotein dan makanan lainnya.

3. Bergerak
Bergerak dengan berolahraga tak hanya meringankan perasaan gugup akibat cemas, tapi juga mengurangi ketegangan otot. Ditambah lagi, olahraga membantu melepaskan hormon endorphin di otak yang membuat kita merasa senang.

4. Tidur
Kurang tidur juga bisa menyebabkan cemas. Jadi bila Anda berencana menonton film hingga larut malam, pastikan tubuh Anda fit dan penuhi kebutuhan tidur harian setidaknya 7 jam. Dengan begitu, metabolisme tubuh akan tetap seimbang.

5. Berjemur
Keluarlah dan biarkan tubuh terkena udara segar dan sinar matahari. Kedua hal itu akan menghasilkan neurotransmitter otak yang disebut serotonin yang menciptakan perasaan senang. Coba biasakan tubuh terpapar matahari pagi setiap hari setidaknya selama 20 menit.

6. Bernapas dari perut
Untuk solusi instant, bernapaslah dalam-dalam dengan perut sebanyak lima kali. Studi menunjukkan cara ini membentu merelaksasikan tubuh dan menenangkan pikiran.

7. Dengarkan musik
Dengarkan musik lembut. Studi menunjukkan mendengarkan musik yang lembut bisa mengurangi perasaan cemas dan takut. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com