Cara Mudah Merelaksasi Pikiran dan Tubuh Anda

26 November 2015 Artikel Kesehatan


Rasa khawatir, tuntutan pekerjaan, aktivitas harian, dan sejumlah masalah dalam hidup bisa membuat seseorang memiliki beban pikiran yang berlebihan. Akibatnya, potensi terserang berbagai penyakit termasuk stres mudah terjadi. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang tidak sehat membuat mereka yang memiliki aktivitas tinggi rentan memiliki masalah kesehatan terutama yang berkaitan dengan pencernaan.

Menjaga pikiran adalah hal yang sangat penting. Karena pada dasarnya penyakit yang dirasakan mensugesti diri Anda untuk tetap sehat atau merasakan sakit tersebut. Umumnya, mereka yang lebih tenang menghadapi masalah akan terhindar dari stres dan masalah kesehatan lainnya. Karena itulah banyak para ahli dan dokter menyarankan pasiennya agar lebih santai atau merileksasi pikiran mereka dari rutinitas keseharian yang padat.

Berikut adalah tips merelaksasi pikiran dan tubuh setelah seharian bekerja.
1. Berendam atau mandi air hangat

Racun dalam tubuh kita juga bertanggung jawab untuk stres. Mandi bisa merelaksasi tubuh Anda dengan berendam dengan air hangat dan aromaterapi. Anda dapat mengambil beberapa genggam garam mandi yang akan merilekskan tubuh dan memiliki efek menenangkan pada pikiran Anda. Masukan garam epsom di bak mandi dan rendam diri di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan tidur yang lebih baik dan membuat Anda rileks dari ketegangan mental.

2. Membaca buku
Membaca buku adalah salah satu teknik yang paling relaksasi. Anda harus menemukan beberapa waktu untuk membaca beberapa novel, jurnal kesehatan atau buku cerita ringan. Ini adalah fakta membuktikan bahwa mereka memiliki efek positif pada pikiran.

3. Minum teh herbal
Beberapa teh herbal menenangkan pikiran dan membuang stres yang menyebabkan racun dari tubuh. Anda dapat minum teh hijau, teh chamomile atau teh peppermint. Ini adalah salah satu terbaik tips sehat untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

4. Olahraga ringan
Ambil 20 menit setiap hari untuk beberapa latihan ringan seperti jalan cepat, jogging di taman dll Jadikan ini rutinitas sehari-hari. Hal ini akan membantu mengurangi hormon stres dan memberikan relaksasi mental dan fisik. Ini adalah salah satu taruhan tips untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

5. Tertawa
Tertawa dapat dilakukan setiap saat dalam sehari tanpa istirahat khusus untuk itu. Tertawa mengirim sinyal ke otak dan membuat psikologis merasa bahwa semuanya baik-baik saja. Ini adalah salah satu teknik relaksasi yang terbaik.

6. Tidur cukup
Anda harus menciptakan lingkungan tidur yang baik untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Anda harus membuat tempat yang dingin, gelap dan cukup tidur. Anda juga harus memiliki suplemen makanan yang bisa membuat Anda tidur nyenyak.

Itulah cara efektif merelaksasi pikiran dan tubuh. Selamat mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)