Cara Mudah Menangkal Penyakit di Musim Hujan

9 Agustus 2018 Artikel Kesehatan


Musim hujan adalah musim di mana keadaan udara sangat berbeda ketika musim kemarau ditandai dengan meningkatnya curah hujan, suhu udara juga lebih dingin. Jika dahulu suatu musim dapat kita prediksi dengan menggunakan kalender bulanan, tetapi sekarang sepertinya sudah tidak bisa lagi. Buktinya ketika seharusnya masih dalam musim kemarau tetapi hujan turun dengan deras, banyak daerah yang tergenang banjir dan musibah lainnya yang menyertai musim hujan. Ternyata bukan hanya air yang dapat membuat orang menjadi terganggu, tetapi hujan dapat mendatangkan penyakit dan juga infeksi yang menular lewat udara. Penyakit yang biasa menjangkiti di musim hujan, seperti batuk, pilek, demam yang diakibatkan suhu udara yang berfluktuasi dan cenderung dingin di saat musim hujan.

Berikut beberapa cara untuk menangkal penyakit yang biasanya muncul di musim hujan:
1. Siapkan perlengkapan musim hujan

Di musim hujan Anda perlu menyiapkan berbagai macam barang atau perlengkapan yang biasanya digunakan disaat hujan turun, seperti jas hujan dan sepatu anti air yang nantinya akan membuat Anda senantiasa kering. Perlengkapan seperti payung tetap Anda butuhkan. Jangan sepelekan air hujan yang nantinya akan membuat tubuh Anda menjadi demam, pilek dan batuk.

2. Segera mandi setelah terguyur air hujan
Mandi setelah terguyur air hujan dapat melindungi Anda dari berbagai macam infeksi yang dikarenakan bakteri yang terbawa oleh air hujan. Anda pasti tidak menyadari jika di dalam air hujan mengandung partikel-partikel kecil dan bakteri yang merugikan kesehatan. Nah, dengan segera mandi setelah terguyur hujan maka dapat menghilangkan bakteri yang melekat di badan.

3. Segera minum air hangat
Setelah terguyur hujan segera mandi, keringkan badan, berganti baju yang bersih dan segera buat minuman hangat yang dapat mencegah Anda terkena demam karena perubahan suhu yang mendadak akibat hujan. Alternatif lain yaitu Anda dapat menyantap sup ayam yang hangat. Karena uap dari sup ayam tersebut sangat baik untuk melonggarkan saluran hidung yang mampat sesaat setelah Anda terguyur hujan.

4. Jaga kebersihan badan
Musim hujan adalah musim yang membuat lingkungan menjadi cepat kotor, becek dan tentunya menjadi sarang kuman penyakit dan mikroorganisme tumbuh dengan subur. Jadi kebersihan lingkungan dan tubuh sangatlah penting, bahkan jika Anda sendiri sudah terlanjur terkena influenza. Usahakan untuk rajin mencuci tangan secara teratur untuk membunuh bakteri.

5. Konsumsi vitamin C
Meningkatkan asupan vitamin C sangat baik di kala musim hujan, baik itu dalam bentuk alami ataupun dalam bentuk suplemen vitamin C. Karena vitamin C ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh di dalam melawan virus influenza. Kekebalan tubuh akan meningkat sejalan dengan bertambahnya asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh dan pada akhirnya dapat bermanfaat untuk mencegah influenza.

Musim hujan adalah musim yang membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit, karena suhu udara yang relatif dingin dan rentan akan bakteri yang terbawa oleh air hujan. Kuncinya adalah senantiasa menjaga kesehatan, kebersihan tubuh dan serta mencegah diri agar tidak terkena infeksi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)