Cara Mudah Jaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

3 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Musim hujan sering kali memicu beberapa penyakit pada anak. Kondisi anak yang rentan terkena penyakit salah satunya disebabkan karena suhu dingin dan infeksi mikroorganisme yang dapat melemahkan imunitas anak. Penyakit yang umum dialami anak di musim hujan salah satunya adalah demam dan flu. Mekipun umum dialami oleh anak akan tetapi jangan disepelekan dikarenakan demam dapat menjadi tanda adanya infeksi yang serius apabila tidak mendapat penanganan yang tepat.

Kehadiran hujan sangat disukai oleh kebanyakan anak-anak, karena itu saatnya anak bermain air dan becek-becekan. Namun tidak dengan orang tua. Para orang tua biasanya gelisah, pasalnya musim hujan identik dengan datangnya banyak penyakit. Lantas bagaimana agar kesenangan anak tidak terhalang namun sakit tidak menderanya? Agar para orang tua tidak risau dengan kesehatan buah hati di musim hujan, berikut nutrisi yang tepat untuk anak Anda ketika musim hujan tiba:

1. Susu kedelai
Penelitian telah membuktikan bahwa susu kedelai mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat yang diberikan susu kedelai pada anak anak diantaranya adalah untuk melancarkan metabolisme, perbaikan sel sel yang rusak, menjadikan sumber energi sehingga sangat tepat di konsumsi di pagi hari dan juga yang tidak kalah penting adalah untuk menambah sistem imunitas pada tubuh buah hati.

Kandungan flavonoids yang terkandung di dalam susu kedelai yang terbentuk dari asam amino dan vitamin dapat mencegah datangnya penyakit di musim hujan. Flavonoid adalah sejenis pigmen yang berasal dari zat hijau daun, terbukti kandungan jenis flavonoid yaitu isoflavon akan meningkatkan sistem imunitas pada anak terutama di saat musim hujan.

2. Jeruk
Kandungan vitamin C dalam jeruk sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Pemenuhan vitamin C yang cukup pada buah hati Anda akan sangat membantu menjaga kesehatan buah hati. Selain jeruk buah dan sayuran yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan untuk diberikan pada buah hati di musim penghujan seperti saat ini. Buah hati tetap bisa ceria bersama guyuran hujan dan kesehatannya tidak terganggu.

3. Madu
Hasil olahan tawon ini merupakan salah satu protein yang dapat membantu dalam menjaga dan meningkatkan imunitas anak di musim hujan. Kandungan protein di dalam madu dapat membangun imunitas dan menjaga stamina tubuh anak. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, di Hamilton, Selandia Baru, menyebutkan bahwa zat antibiotik yang terdapat di dalam madu mampu melawan serangan penyakit yang disebabkan karena musim hujan. Seperti kondisi infeksi yaitu penyakit lambung, demam, batuk dan infeksi saluran pernapasan akut yang sering kali mengancam anak anak.

4. Daging yang berwarna merah
Daging berwarna merah memiliki kandungan zinc (seng), kandungan ini sangat baik menjaga imunitas tubuh. Tiga ons daging merah dapat memenuhi kebutuhan 40 persen dari dosis harian. Manfaat mencukupi kebutuhan seng antara lain adalah meningkatkan perkembangan tubuh anak. Meningkatkan kesehatan mata, membantu dalam pertumbuhan anak, menambah intelegensi dan meningkatkan imunitas. Meskipun seng sudah terdapat di dalam suplemen akan tetapi beberapa jenis makanan alami seperti daging merah, telur, ikan dan produk hewani lebih disarankan pada anak-anak.

5. Minyak ikan
Menambahkan minyak ikan pada menu makan anak pada musim hujan akan menambah system kekebalan pada tubuh anak. Kandungan gizi terpenting yaitu asam lemak omega 3 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak, dengan kekebalan tubuh yang lebih sempurna membuah buah hati akan terhindar dari serangan berbagai penyakit yang mungkin terjadi di musim hujan.Pilihlah ikan yang tidak mengandung tinggi merkuri, sehingga dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan pada anak.

Memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak akan membuat para orang tua tidak risau dengan kesehatan buah hati. Anak tetap ceria bersama guyuran hujan, asyik bermain-main air. Namun para orang tua juga waspada pada musim hujan saat sekarang, karena selain penyakit arus deras air di selokan dan kali juga sangat membahyakan bagi buah hati Anda. Pantau segala kegitan anak, jauhkan dari kali, kolam dan genangan-genagan air besar lainnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)