Cara Merawat Rambut Sehat Secara Alami

11 Maret 2016 Artikel Kesehatan   |    Fitrah al anshori


Rambut adalah mahkota bagi pria maupun wanita. Tanpa rambut maka kita tidak akan terlihat cantik ataupun tampan. Seiring dengan berjalannya trend sering kali banyak diantara kita yang terlalu over dalam memberikan perawatan rambut sehingga rambut mudah stres dan mengalami kerusakan. Nah bagaimana cara merawat rambut yang baik dan benar?

1. Rutin melakukan trim
Trim adalah memotong rambut terutama bagian ujungnya sekitar 1 kali dalam seminggu. Tujuan melakukan trim agar mencegah munculnya rambut bercabang dan membuatnya tetap sehat selalu.

2. Kurangi penggunaan shampo
Shampo adalah detergen bagi rambut agar rambut dapat menjadi bersih. Namun ternyata terlalu sering menggunakan shampo dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Nah agar rambut tetap sehat sebaiknya Anda hanya menggunakan shampo 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

3. Hindari mengecat rambut
Rambut yang sering di cat dapat membuatnya stres sehingga mudah patah-patah dan kekeringan. Oleh karena itu bila tidak ada keperluan mendesak sebaiknya tidak mengecat rambut. Artis yang mengecat rambut sebenarnya mengalami hal ini tetapi tidak di tampakkan.

4. Hindari pemakaian hair dryer terlalu lama
Hair dryer menggunakan panas untuk mengeringkan rambut sehingga penggunaan yang terlampau lama dapat merusak rambut. Nah bila Anda ingin menggunakan alat ini sebaiknya ketika rambut sudah hampir mengering saja agar tidak terlalu merusak rambut.

5. Bersihkan rambut dari bahan kimia
Ketika mandi di tempat umum atau sedang berenang biasanya airnya mengadung kaporit yang kurang baik untuk rambut. Nah setelah selesai mandi sebaiknya Anda membilas seluruh rambut dengan air bersih agar kaporitnya hilang semua.

6. Hindari aktivitas pelurusan/rebonding
Bagi Anda yang memiliki rambut keriting sebaiknya tidak melakukan aktivitas rebonding karena rambut bisa rusak akibat teknik tersebut. Selain itu rebonding juga hanya dapat bertahan beberapa bulan saja sebelum rambut Anda kembali ke bentuknya semula.

7. Gunakan sisir bergigi jarang
Sisir juga dapat berperan dalam membuat rambut rusak. Salah satu penyebabnya karena bentuk gigi sisir yang terlampau rapat sehingga dapat menyebabkan rambut patah-patah. Nah untuk mengatasi hal ini gunakanlah sisir dengan gigi yang jarang agar rambut dapat menjadi lebih halus dan tidak mudah patah.

Itulah beberapa cara merawat rambut yang baik dan benar agar rambut Anda tidak cepat mengalami kerusakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba.

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog
http://biologiuinmks.blogspot.com)