Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Lebaran

8 Juni 2019 Artikel Kesehatan


Menjaga kesehatan tubuh saat lebaran sangat penting. Sebab setelah menjalankan puasa selama satu bulan penuh, pola makan ketika lebaran akan berubah drastis. Lebaran memang saat-saat yang dinanti, moment lebaran juga akan membuat kita sibuk dengan segala aktifitas untuk silaturahmi. Hidangan makanan saat lebaran tentu sangat menggoda seperti makanan manis, makanan bersantan, daging dan banyak lainnya. Jika tidak bisa menahan diri, bisa saja kita jatuh sakit akibat pola makan yang tidak baik ini. Pola makan saat lebaran akan membuat saluran pencernaan menjadi kaget karena telah berpuasa selama satu bulan penuh. Kondisi ini bisa lebih parah untuk yang memiliki penyakit maag sebelumnya.

Berikut beberapa cara mejaga kesehat saat lebaran:
1. Rajin cuci tangan

Menjaga kebersihan tangan sangat penting pada masa lebaran atau kapanpun. Ketika lebaran kita akan bersentuhan dengan banyak orang sehingga memungkinkan pertularan kuman ataupun virus. Agar ancaman kuman atau virus bisa dihindari, kita harus rajin mencuci tangan setiap kali akan menyantap makanan. Biasanya banyak orang cenderung tidak peduli dengan kondisi tangan saat akan makan.

2. Makan secukupnya
Banyak macam-macam makanan yang bisa disantap ketika lebaran tiba, namun tentu kita tidak akan mampu menyantap semuanya. Makanlah secukupnya, hindari makanan berlebihan karena bisa membuat masalah gangguan perut. Terlebih jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang berminyak.

3. Konsumsi sayuran dan buah
Karena banyaknya macam makanan di saat lebaran, terkadang kita kurang teliti dengan makanan yang di konsumsi. Jagalah kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan. Jangan sampai asupan serat tidak terpenuhi karena kebanyakan hidangan lebaran adalah makanan manis dan daging.

4. Minum air putih
Meskipun Anda sibuk karena banyak aktifitas yang harus dilakukan, jangan sampai tidak minum air putih. Asupan air putih sangat penting agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

5. Istirahat yang cukup
Setelah kegiatan silaturahmi seharian tentu kondisi tubuh menurun drastis. Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan kondisi terbaiknya. Cara menjaga yaitu dengan istirahat yang cukup.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan saat lebaran yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)