Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mulut dan Gigi

25 September 2018 Artikel Kesehatan


Memiliki gigi yang kuat, sehat, putih dan bersih tentu membuat Anda akan lebih tampil percaya diri. Bisa Anda bayangkan bila gigi Anda kuning? atau bahkan ompong? Pasti bakal membuat Anda jadi orang paling pelit senyum karena malu. Selain itu, bila gigi sudah bolong-bolong pasti Anda juga tidak akan nyaman dan terganggu saat makan. Maka dari itu penting untuk merawat kesehatan gigi agar senyum Anda tetap bersinar.

Berikut ini cara merawat kesehatan gigi dan mulut:
1. Sikat gigi dengan cara yang benar
Selain Anda harus rutin menggosok gigi, Anda juga harus melakukannya dengan benar. Sudah tahukah Anda bagaimana menyikat gigi yang benar itu? Menggosok gigi dengan penuh kelembutan, pelan tapi mengena pada gigi. Hal ini mengurangi resiko luka pada gusi karena terlalu kasar dalam menggosok. Bukan gigi yang bersih tapi gusi perih karena terluka.

2. Hindari tusuk gigi
Membersihkan gigi dari kotoran yang menempel dengan tusuk gigi merupakan tindakan yang sangat tidak dianjurkan, karena bila cara ini terbiasa dilakukan dalam jangka waktu lama ini akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi. Sebaiknya gunakanlah dental floss atau benang gigi agar lebih aman dan baik untuk kesehatan gigi.

3. Gunakan mouthwash untuk berkumur
Setelah selesai menggosok gigi sebaiknya gunakanlah mouthwash yang mengandung antiseptic ini akan membuat gigi terhindar dari plak-plak gigi.

4. Kerok lidah
Kotoran-kotoran pada lidah harus Anda bersihkan karena kotoran tersebut dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Bersihkanlah menggunakan alat kerok lidah khusus. Kotoran yang menempel pada lidah tidak akan hilang hanya dengan berkumur.

5. Periksakan gigi
Memeriksakan gigi ke dokter penting di lakukan, dengan begitu Anda dapat mengetahui bagaimana kondisi kesehatan gigi. Selain itu, Anda dapat membersihkan karang gigi sebagai upaya pencegahan kerusakan gigi.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)