Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

11 Oktober 2014 Artikel Kesehatan   |    Fitrah al anshori


Pori di wajah muncul secara alami dan merupakan semacam lubang untuk mengeluarkan keringat maupun kotoran yang berasal dari dalam tubuh. Namun semakin banyak pori-pori terutama yang berukuran besar dapat menimbulkan komedo dan juga menyebabkan jerawat. Banyak orang yang berusaha agar pori-pori tersebut mengecil.

Nah kali ini kita akan coba memberikan solusinya.
1. Menggunakan pepaya masak

Ambillah beberapa potong pepaya masak di sekitar rumah Anda. Potong-potong lalu haluskan kemudian gunakan untuk dioleskan di bagian wajah Anda. Diamkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dan bersihkan dengan air.

2. Gunakan buah tomat
Buah tomat cukup ampuh dalam mengecilkan pori-pori Anda. Caranya yaitu dengan memotong-motong buah tomat kemudian haluskan menggunakan blender. Oleskan ke area kulit wajah Anda diamkan selama 10 menit baru bilas dengan air.

3. Memakai putih telur
Putih telur sering kali saya gunakan untuk membantu mengecilkan pori-pori yang tampak. Selan itu juga dapat menghaluskan kulit wajah Anda. Ambillah sebutir telur lalu bagian putihnya dipisahkan dan dikocok hingga menghasilkan busa. Oleskan ke wajah dan biarkan mengering. Setelah itu bagi Anda kerok dan bilas menggunakan air putih.

4. Menggunakan baking soda
Baking soda sering kali dijadikan sebagai bahan perawatan kulit seperti jerawat. Ternyata baking soda juga digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda. Ambillah sesendok baking soda lalu campurkan dengan air bersih. Oleskan ke sekitar kulit Anda dan diamkan selama beberapa saat.

5. Gunakan es batu
Sensasi dingin dari es batu cukup efektif dalam mengecilkan pori-pori. Sebelumnya Anda harus membersihkan wajah Anda dari sisa kotoran baru kemudian dioleskan es batu secara perlahan-lahan ke seluruh bagian wajah Anda.

6. Menggunakan madu
Banyak sekali khasiat yang didapatkan dari setetes madu. Cobalah untuk mengoleskan beberapa tetes madu ke wajah Anda sambil di pijit-pijit, setelah merata baru Anda diamkan dan bersihkan menggunakan air bersih.

Semoga penjelasan kami mengenai cara mengecilkan pori-pori wajah dapat dengan mudah dipahami dan diterapkan pada kulit Anda sehingga masalah pori-pori teratasi.

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog
http://biologiuinmks.blogspot.com)