Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

4 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Cemas dan khawatir rasanya tak mungkin terlewatkan dalam hidup manusia. Sebetulnya, kecemasan bukanlah sesuatu yang berbahaya. Pada keadaan tertentu, kecemasan bahkan bisa memotivasi orang untuk lebih baik lagi menjalankan tugas sehari-harinya. Kecemasan adalah perasaan takut akan sesuatu, yang sebenarnya sangatlah wajar bila Anda merasakannya. Penyebab dari rasa cemas sendiri, terkadang bisa dipicu dari rasa stres yang menyebabkan pikiran menjadi bingung, takut dan was-was.

Setiap manusia mengalami perasaan ini dari sejak kecil hingga dewasa, dan tentu saja pemicunya pada setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung bagaimana orang tersebut menghadapi suatu situasi. Kecemasan dapat menjadi masalah kecil dan tidak akan mempengaruhi mental ataupun fisik, tapi mengalami rasa cemas berlebihan tentu dapat menjadi gangguan dalam aktivitas sehari-hari. Merasa cemas berlebihan pun bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti depresi, sakit kepala, mual, stress dan rasa lelah. Untuk mengatasi rasa cemas berlebihan bisa dilakukan dengan penggunaan obat atau pun dengan cara alami, terkadang obat yang digunakan secara rutin bisa jadi menimbulkan efek samping dan bisa menjadi adiktif.

Oleh karena itu, akan lebih baik mengatasi rasa cemas berlebih dengan menggunakan cara alami dan juga menyehatkan. Berikut beberapa yang bisa anda lakukan:

1.Teknik relaksasi
Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengatasi rasa cemas dan beberapa metode umum yang terbukti berguna adalah mendengarkan musik, berendam air panas atau menonton film favorit. Anda dapat mencoba salah satu solusi ini, cari sesuatu yang bisa mengalihkan pikiran dari stress dan membuat anda meras segar.

2.Latihan pernapasan dalam yoga
Setiap kali anda merasa cemas atau frustasi akan sesuatu, lakukan latihan pernapasan dalam yoga untuk mengurangi perasaan negatif. Pernapasan berirama dan dikontrol membantu anda mengontrol pikiran dan perasaan, latihan pernapasan dalam yoga merupakan salah satu teknik dan merupakan obat alami dalam mengatasi kecemasan.

3.Makanan
Salah satu obat alami untuk membuat pikiran lebih tenang dan mengurangi rasa cemas adalah makanan. Setiap kali anda merasa cemas dan merasa khawatir, ambilah makanan untuk dikunyah tapi tetap saja yang perlu diperhatikan adalah jenis makanannya yaitu jenis makanan yang sehat diantaranya adalah teh hijauh, kayu manis dll. Selain itu sarapan juga dapat memberikan energi agar anda bisa beraktivitas dengan baik.

4.Berolahraga
Berolahraga juga menjadi cara yang paling sehat dan alami sebagai obat kecemasan. Hormon yang dihasilkan dari olahraga dapat mengurangi stressdan kecemasan. Setelah olahraga, anda akan merasa lebih segar dan lebih energik sehingga lebih bisa memikirkan segala sesuatu dengan lebih jernih.

5.Meditasi
Latihan meditasi dapat dilakukan pada saat pagi hari setelah bangun tidur atau malam hari menjelang tidur. Cukup dengan melakukannya selama 15 menit sehari dapat membantu dan mengurangi rasa cemas yang berlebihan. Ini adalah salah satu obat kecemasan yang tidak hanya mengurangi kecemasan tetapi juga membantu anda menemukan solusi untuk masalah anda. Meditasi membantu anda membersihkan pikiran dan merasa damai.

Paling baik tentunya menghadapi masalah atau kondisi yang dihadapi dengan cara yang dewasa. Misalnya dengan meningkatkan rasionalisasi pikiran akan hal yang membuat cemas, caranya dengan melatih pikiran positif yang mengatasi kecemasan tersebut. Rasa cemas memang sangat mengganggu namun jangan sampai hal itu menguasai anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)