Cara Langsing Tanpa Stres

23 Februari 2011 Artikel Kesehatan


Tak boleh makan ini, tak boleh makan itu, berolahraga, menghitung kalori. Semua upaya itu terkadang membuat kita measa tertekan dalam berkomitmen menjalani program diet. Bisa-bisa bukannya merasa senang, kita malah stres.

Lalu bagaimana cara agar kita tetap bisa menjalani program diet tanpa merasa dibatasi dan tertekan? Berikut cara yang bisa Anda coba, seperti dikutip dari eHow.com:

1. Bentuklah pola pikir bahwa Anda ingin sehat dengan memakan makanan sehat. Bila Anda hanya terpaku pada diet, Anda berpotensi akan gagal karena itu bisa membuat Anda sendiri menjadi tertekan. Terus memikirkan diet justru malah bisa membuat Anda ingin makan lebih banyak.

2. Sesekali jeda dari diet sebenarnya tak masalah. Bila teman-teman ingin memesan pizza, Anda boleh kok mencomot 1 potong saja. Namuan ingat jangan kelepasan dengan mengambil satu potong lagi. Tahan diri Anda.

3. Begitu pula jangan takut untuk meminta alternatif. Seperti contoh kasus di atas, Anda bisa meminta kepada teman yang memesan pizza supaya juga memesan salad untuk Anda. Itu tentu akan lebih menyehatkan daripada pizza.

4. Jika teman-teman atau keluarga ingin pergi ke restoran untuk makan malam, jangan malu untuk memberikan usul restoran dengan makanan yang tak hanya lezat, tapi juga sehat. Coba berikan saran restoran dengan menu yang bervariasi sehingga Anda bisa memilih makan yang sehat, dan anggota keluarga yang lain juga bisa memesan menu kesukaan mereka masing-masing.

5. Upayakan agar selalu memilih makanan sehat yang rendah lemak. Contohnya susu rendah lemak dan keju rendah lemak. Pilih juga yang rendah kalori, seperti roti gandum bukan roti putih biasa.

6. Batasi porsi makan Anda. Boleh saja memakan makanan yang kurang sehat, tapi dalam porsi yang sedikit saja lalu imbangi dengan banyak makanan sehat.

7. Olahraga tentu termasuk salah satu program diet. Tak perlu memaksakan diri dengan berada di gym seharian. Lakukan saja olahraga santai seperi jogging bersama teman-teman. Selain menyehatkan karena kalori yang terbakar, Anda akan merasa senang. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com