Cara Gampang Menakar Porsi Makan

29 September 2010 Artikel Kesehatan


Anda bertekad untuk mulai mengubah pola makan Anda, antara lain dengan menghitung kalori yang masuk. Soalnya, Anda merasa bahwa porsi makan Anda berlebih. Padahal, makanan sehat pun jika dikonsumsi secara berlebihan juga memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Jika porsi makanan Anda berukuran sangat besar, makanan sehat pun bisa mengakibatkan efek seperti yang ditimbulkan oleh burger dan kentang goreng.

Untuk mencegah kelebihan tersebut, dan menakar porsi yang lebih akrab di perut, tidak perlu membawa gelas ukur setiap kali Anda bersantap. Gunakan saja tangan Anda untuk mengukur jumlah makanan sehat yang boleh dikonsumsi.

1. Untuk menakar protein
Protein merupakan bahan bakar energi dan bisa membantu membangun otot yang kuat. Gunakan tangan Anda untuk mengambil bahan makanan yang mengandung protein seperti ayam, ikan, atau tahu. Satu sendokan ayam di tangan Anda cukup untuk asupan sekali makan.

2. Untuk menakar sayuran
Sayuran dapat menjadi asupan pendamping protein. Raup dua genggam sayuran segar untuk mendapatkan banyak manfaat nutrisi dan antioksidannya.

3. Untuk menakar salad
Ketika Anda hendak mengonsumsi salad, gunakan kedua tangan Anda seperti sendok untuk mengambil porsi besar sayuran hijau. Untuk sausnya, ambillah satu sendok makan saus, lalu gunakan panjang ibu jari sebagai panduannya.

4. Untuk menakar buah
Untuk mengukur berapa banyak buah yang dapat dinikmati bersama yogurt, ambil sekepal buah. Itulah porsi yang tepat untuk buah segar yang harus dikonsumsi.

5. Untuk menakar lemak
Inilah yang harus diwaspadai oleh banyak orang. Lemak memang tidak perlu dimusuhi, tapi pastikan Anda memilih lemak sehat dan dalam jumlah yang tepat. Rasanya yang enak sering membuat kita berlebihan mengonsumsinya. Gunakan kuku ibu jari Anda untuk mengukur penggunaan minyak dan mentega.

Sumber: female.kompas.com