Cara Cegah Pneumonia pada Anak

28 Februari 2012 Artikel Kesehatan


Menurut UNICEF, pneumonia merupakan salah satu penyakit yang mengancam anak-anak. Ada sekitar 155 juta kasus pneumonia anak setiap tahun di dunia.

Pneumonia merupakan suatu bentuk infeksi pernapasan akut yang mempengaruhi paru-paru. Infeksi tersebut terjadi akibat alveoli tidak bekerja secara maksimal ketika mengisi udara di paru-paru, yang kemudian akan menyebabkan sulitnya bernapas karena oksigen yang masuk sangat terbatas.

Dalam banyak penelitian menyebutkan bahwa pneumonia pada anak disebabkan oleh dua jenis bakteri, yaitu: Haemophilus influenzae tipe b (Hib) dan Streptococcus pneumoniae. Kedua bakteri ini juga dapat menyebabkan meningitis akut (infeksi pada selaput yang menutupi otak) pada anak-anak.

Dalam situs timesofindia.com menyebutkan, selain kesulitan dalam bernapas, batuk rejan merupakan salah satu gejala umum pada anak ketika ia terserang pneumonia. Pneumonia dapat diobati secara efektif dengan antibiotik. Namun dalam kasus pneumonia yang lebih lanjut, pengobatan bisa dilakukan melalui metode sinar-X. Pneumonia dapat dicegah dengan beberapa cara, seperti:

1. Memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama, hal tersebut merupakan langkah penting untuk memastikan bayi Anda mendapatkan gizi yang cukup serta membangun kekebalan alami terhadap bakteri maupun virus.
2. Memberikan vaksin yang disarankan oleh dokter dalam satu tahun pertama kelahiran.
3. Menjaga kebersihan lingkungan.
4. Membiasakan anak untuk hidup sehat seperti tidak jajan sembarangan dan mencuci tangan sebelum makan.

Sumber: mediaindonesia.com