Cara Cegah dan Tangani Amnesia

13 April 2010 Artikel Kesehatan


Belum ada pengobatan khusus bagi penderita amnesia yang bisa menjamin pulihnya semua ingatan. Akan tetapi, Anda bisa mencoba teknik-teknik dan strategi yang meringankan gangguan memori tersebut. Berikut beberapa pengobatan yang bisa menjadi panduan Anda.

Occupational therapy
Seseorang dengan amnesia bisa bekerja sama dengan terapis okupasi untuk mempelajari informasi baru, mengganti informasi yang hilang atau menggunakan kenangan utuh sebagai dasar menyimpan informasi baru.

Dalam terapis ini, terapis bisa meatih pasien mengolah memori dengan menggunakan berbagai strategi. Dengan begitu, pasien akan lebih mudah mengingat dan lebih bisa memahami percakapan yang lebih luas.

Bantuan teknologi
Banyak orang dengan amnesia merasa terbantu dengan penggunaan personal digital assistant (PDA), seperti Palm Treo, BlackBerry atau iPhone. Dengan latihan dan praktek, orang dengan amnesia parah sekali pun bisa menggunakan organizer elektronik ini untuk membantu tugas-tugas mereka dari hari ke hari. Sebagai contoh, pasien bisa memprogram PDA untuk mengingatkan peristiwa atau acara-acara penting atau untuk minum obat.

Obat-obatan dan suplemen
Saat ini, menurut uraian di situs mayoclinic.com, belum ada obat-obatan yang tersedia untuk mengatasi sebagian besar jenis amnesia. Namun, jenis amnesia yang dipicu oleh kekurangan thiamin bisa dibantu dengan menambah asupan vitamin ini dan nutrisi lainnya.

Selain itu, pasien dianjurkan menghindari alkohol. Cara ini bisa mencegah kerusakan lebih lanjut. Akan tetapi, sebagian besar orang tidak akan bisa mendapatkan memori yang hilang sepenuhnya.

Para peneliti sedang mempelajari beberapa neurotransmitter yang terlibat dalam pembentukan memori. Hal ini suatu saat nanti diharapkan bisa merintis pengobatan baru dalam mengatasi gangguan memori. Akan tetapi, kerumitan proses otak mempersulit penemuan terapi tunggal dalam menangani gangguan memori.

Pencegahan
Karena kerusakan otak bisa menjadi akar masalah amnesia, ada baiknya meminimalkan cedera otak dengan cara-cara berikut:
Menghindari penggunaan alkohol berlebih .Mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor dan menggunakan sabuk pengaman saat mengemudi.Jika mengalami gejala yang mengindikasikan kemungkinan stroke, seperti sakit kepala kronis, gangguan bergerak atau kesemutan di satu sisi tubuh, ada baiknya segera mencari bantuan medis.
Periksakan diri
Jika Anda mengalami hilang ingatan tanpa penyebab pasti, cedera kepala, kebingungan atau gangguan orientasi, ada baiknya mencari bantuan medis. Orang dengan amnesia mungkin tidak bisa mengenali lokasi atau tidak berinisiatif mencari pengobatan medis. Karena itu, jika seseorang yang Anda kenal memiliki gejala amnesia, ada baiknya segera membantu mencarikan bantuan medis. (IK/OL-5)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat