Cara Beristirahat yang Tepat

12 Februari 2018 Artikel Kesehatan


Padatnya aktivitas akan membuat energi berkurang,oleh karena itu perlu beristirahat untuk memulihkan energi. Aktivitas yang padat setiap hari menuntut anda untuk mempunyai energi yang luar biasa agar kesibukan dapat terakomodir dengan baik. Namun sayangnya energi yang dimiliki manusia sangat terbatas sehingga dibutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga yang berkurang.

Menyadari akan hal itu, anda pun berusaha untuk selalu menyelipkan waktu istirahat di sela-sela kesibukan yang padat. Namun sudahkah anda beristirahat dengan benar?

1. Bersosialisasi
Saat tiba waktu istirahat di kantor, jangan hanya duduk diam. Bersosialisasilah dengan rekan kerja anda. Penelitian menemukan bahwa ikatan sosial yang kuat di tempat kerja dapat memberikan suntikan semangat yang lebih untuk anda. Badan segar dan produktivitas pun kembali menyala.

2. Maksimalkan tidur siang anda
Tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kewaspadaan, dan juga meningkatkan kreativitas anda. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menyisihkan waktu setidaknya 25-30 menit setiap hari untuk tidur siang. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya tidur di malam hari tidak terlalu cukup untuk mengembalikan tenaga yang hilang.

3. Tinggalkan gadget anda sejenak
Ternyata melepaskan mata dari layar gadget sejenak tidaklah cukup. Hal yang harus dilakukan adalah tinggalkan gadget anda sejenak dan bergeraklah untuk mendapatkan udara segar dan juga membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

4. Beristirahatlah setiap 90 menit sekali
Penelitian menunjukkan bahwa setelah manusia bekerja selama 90 menit tanpa henti, pada menit berikutnya produktivitas mereka akan menurun. Oleh karena itu jangan tunggu badan anda hingga merasa lelah baru beristirahat. Istirahatlah setiap 90 menit sekali dan gerakkan tubuh anda sesekali.

5. Perbanyak liburan
Pernahkan menghitung berapa kali anda berlibur dalam setahun? Bekerja terlalu keras tidak ada artinya apabila kemudian anda jatuh sakit karena kelelahan. Sisakan sedikit dana untuk melakukan kegiatan liburan secara rutin. Liburan adalah cara yang efektif untuk menghilangkan stres, memperbaiki mood, dan membuat pikiran menjadi lebih segar sehingga anda lebih produktif dalam bekerja.

Nah, itulah kelima cara istirahat yang baik dan benar,semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara istirahat yang benar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)