Cara Benar Cuci Tangan

24 Agustus 2009 Artikel Kesehatan


Mencuci tangan bisa mencegah berbagai penyakit, mulai dari penyakit pencernaan hingga infeksi saluran pernafasan. Namun jika cuci tangan hanya dilakukan asal-asalan, bisa jadi kuman dan bakteri akan tetap ada dan penyakit pun tetap menghantui tubuh.

Bila kulit lecet atau perlu sering-sering cuci tangan karena banyak kasus, bisa dipakai sabun lunak (tanpa antiseptik) untuk mengangkat kotoran. Krim dan lotion pelembab bisa dipakai untuk menghindari iritasi kulit.

Bila diperlukan antimikroba seperti kontak dengan penyakit menular dan bila tangan tampak tidak kotor, maka sebagai altrernatif bisa dipakai antiseptik gel setelah kontak.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencuci tangan dengan benar agar terbebas dari kuman dan penyakit, antara lain:
Pertama, basahi tangan seluruhnya.Pakai sabun khusus untuk mencuci tangan. Jika tidak ada, sabun biasa pun cukup memadai.Gosok benar-benar semua bagian tangan dan jari selama 10-15 detik, terutama untuk membersihkan bagian-bagian bawah kuku, antara jari, dan punggung tangan.Bilas tangan dengan air bersih mengalir.Keringkan tangan dengan handuk (lap) kertas dan gunakan handuk untuk menutup keran. Bila handuk tidak tersedia, keringkan dengan udara/dianginkan.Jika Anda ingin membuat sendiri larutan gel alkohol untuk antiseptik dapat menyiapkan bahan 100 ml Alkohol Isopropil atau etil 60-90 dan 2 ml Gliserin, propylene glycol atau sorbitol untuk 100 ml gel tangan.Untuk penggunaan antiseptik tangan, tuangkan gel secukupnya untuk membasahi seluruh permukaan tangan dan jari. Gosok benar-benar pada tangan, diantara jari, dan bawah kuku sampai kering. (berbagai sumber/cr1/rin)Sumber: Republika Online (republika.co.id)