Cara Atasi Radiasi Handphone

30 Juli 2012 Artikel Kesehatan


Zaman modern ini pasti tidak lepas dari perkembangan teknologi yang demikian pesatnya. Secara tidak langsung, globalisasi telah mewabah hingga ujung dunia. Semakin hari pikiran orang ingin yang instan tanpa memikirkan dampak negatifnya pada dirinya sendiri. Di zaman ini siapakah yang tidak kenal dengan Handphone?.

Ya memang alat teknologi yang satu ini sudah diminati orang dari berbagai kalangan bahkan setiap hari orang tidak pernah meninggalkan handphonenya di rumah karena handphone tersebut digunakan untuk berkomunikasi, pesan singkat (SMS), bahkan bisa internet, kamera, dan lain sebagainya. Diabad ke-21 ini handphone kian dimanjakan dengan menambahkan fitur yang sangat canggih dan unik. Hal ini mengundang selera semua orang untuk membeli dan menggunakanynya. Ada yang beranggapan bahwa handphone adalah teman hidup. Anggapan seperti itu mungkin bisa masuk akal karena disetiap anda berpergian, pasti ada handphone yang bersembunyi dibalik kantong. Namun apakah anda tidak melihat dampak buruk yang ditimbulkan? Bahaya yang ditimbulkan dari pemakaian handphone adalah radiasi handphone. Radiasi ini ada dari handphone saat dia mencari sinyal terkuatnya yaitu saat menghubungkan nomor teman anda yang anda hubungi.

Akibat dari radiasi ini bisa menyebabkan penyakit kronis jika kebiasaan bertelepon dengan handphone ini dalam jangka lama adalah Tumor, Kanker otak, dan dapat membuat kemandulan.

Apakah anda mau terkena penyakit seperti itu?pastinya anda tidak akan mau. Tapi tenang saja, berikut ada beberapa solusi yang mungkin harus diikuti supaya tidak merugikan kita sendiri saat kita berkomunikasi.

1. Usahakan untuk memberi pesan singkat (SMS-san)
Kabar baik bisa diterima bagi orang yang suka sms-san karena dengan anda ber-SMS, anda dapat menghindari radiasi ketubuh kita. Untuk pria yang suka ber-SMS-san sebaiknya jangan memangku handphone karena dapat merusak organ vitalitas tubuh karena saat sms masuk, handphone mengeluarkan sinyal sehingga radiasinya masuk ke tubuh.

2. Gunakan offline mode saat handphone tak digunakan.
Jika handphone anda tidak digunakan, sebaiknya gunakan offline mode ,standlone atau mode lain yang dapat mematikan transmitternya tapi transmitternya akan hidup lagi jika anda menggunakan handphone anda untuk bermain games atau mendengarkan musik kecuali saat anda browsing atau internet.

3. Usahakan tidak ditempat yang sempit
Jika anda berada di lift, kereta, dan dimobil, sebaiknya anda tidak menelepon karena dengan ruangan yang sempit radiasi pada handphone akan terpancar disekitar ruangan tersebut apalagi saat berkendara, jika anda menelepon seseorang sambil berkemudi konsentrasi anda dalam berkendara akan turun sebesar 38%.

4. Hindari berlama - lama dalam menelepon
Untuk menelepon sebaiknya tidak perlu menelepon berlama - lama karena paparan sinyalnya membuat radiasinya masuk ke otak sehingga menyebabkan tumor otak. Untuk mencegahnya anda cukup membuat janji dengan teman anda. Mudah bukan? Dan ingat risiko tumor dimulai dari paparan kumulatif yang rendah.

5. Lihat sinyalnya
Jika anda lihat sinyal dari handphone anda melemah, saat anda berkendara cepat segera matikan handphone tersebut karena secara otomatis dapat memicu handphone untuk mencari sinyal yang beradiasi akan menyebar dan mencari sinyal yang terkuat.

6. Tidak menggantungi ponsel di saku celana
Menurut para ahli penelitian, pria yang menaruh ponselnya disaku celananya cenderung memiliki kandungan spermanya menurun hingga 25% jika dibandingkan dengan pria lain yang tidak menaruh ponselnya di saku celana.

7. Sering berpindah - pindah telinga.
Coba anda sering - sering jika menelepon tidak hanya di telinga kanan saja tetapi setiap berapa menit pindah ke telinga kiri untuk menghindari paparan radiasi di 1 sisi kepala saja.jika tidak dalam jangka panjang, maka akan mengakibatkan kanker kelenjarludah pada telinga dan tumor.

8. Gunakan smartphone jika perlu saja.
Ponsel - ponsel saat ini seperti iPhone, Android, Blackberry menghasilkan emisi energi yang besar daripada ponsel sehingga bergantung pada baterai untuk melakukan aktivitas internet.

9. Hindari ponsel yang belum tersambung
Ketika anda menekan tobol tanda akan menghubungi seseorang, jauhkan sementara ponsel anda dari telinga anda karena ketika menghubungi seseorang , ponsel anda akan mencari sinyal yang maksimal untuk menghubungi orang yang anda hubungi.

10.Tidak meletakan ponsel ditempat tidur.
Jika anda mengaktifkan alarm di ponsel anda, sebaiknya tidak diletakan dekat dengan kepala anda atau dibawah bantal karena medan elektromagnetiknya dapat mengurangi zat antoksidan dalam tubuh anda sehingga merusak sel - sel tubuh anda yang dapat menyebabkan penyakit lain.

11.Gunakan speaker untuk menelepon
Jika anda menggunakan speaker , maka energy dan radiasi pada handphone anda akan berkurang. Penggunaan headset handphone dapat bertindak sebagai antenna sehingga memancarkan radiasinya ke otak.

Globalisasi di dunia ini tidak semuanya berdampak negatif karena dengan era globalisasi , kita dapat mengetahui penemuan baru yang kelak berguna bagi manusia untuk membantu dalam pekerjaanya. Alat canggih seperti handphone sebenarnya jika digunakan dengan ketentuan yang baik, pasti akan menguntungkan bagi diri sendiri.

(Dikutip dari berbagai sumber)