Cara Atasi Kantuk Saat Mengemudi

15 November 2010 Artikel Kesehatan


Bagi anda yang terbiasa membawa kendaraan khususnya mobil untuk menunjang aktivitas, pastinya pernah merasa mengantuk di tengah-tengah perjalanan. Itu memang hal yang lumrah terutama bila jarak tempuh yang mesti dilalui terbilang lama apalagi ditambah dengan kemacetan.

Meski remeh rasa kantuk saat mengemudi sangatlah berbahaya karena mengurangi konsentrasi kita. Rasa kantuk menandakan kelelahan pada otak. Apabila hal itu berlangsung cukup lama, kendaraan yang kita kemudikan bisa lepas kontrol dan menabrak sesuatu. Bahkan akan memakan banyak korban jiwa baik orang lain yang berada di jalan bahkan diri sendiri.

Misalkan saja di wilayah Jabodetabek, kecelakaan lalu lintas karena kesalahan pengemudi merenggut 1.002 jiwa pada 2002, sebanyak 2.377 jiwa pada 2003, sebanyak 3.854 jiwa pada 2004, sebanyak 3.432 jiwa pada 2005, dan 3.092 jiwa pada 2006. Untuk musim mudik lalu di 2010, tercatat ada 900 kejadian kecelakaan. Dari beberapa faktor penyebab kecelakaan, sebagian besar disebabkan mengantuk saat mengemudi. Alasan ini tentunya sungguh memprihatinkan.

Maka itu, apabila suatu waktu Anda merasa mengantuk saat mengemudi, jangan mengabaikannya, segeralah menepi sejenak dan lakukan beberapa hal berikut:

1. Putar musik atau radio dan bisa membuat Anda kembali bersemangat dan tersadar untuk bangun
2. Buka kaca mobil dan biarkan kencangnya angin menerpa wajah Anda
3. Minumlah sesuatu, meskipun hanya air putih
4. Telepon seseorang dengan ponsel Anda dan berbincang sejenak dengan topik yang seru.
5. Jika memang rasa kantuk tak tertahankan, Anda bisa tidur sejenak di dalam mobil. Tidur meski hanya 5 menit lalu bangun akan membuat Anda kembali segar dan berkonsentrasi untuk mengemudi.

Sumber: mediaindonesia.com