Cara Asyik untuk Tidur Nyenyak

15 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Ingin tidur lebih nyenyak dan terbangun dengan tubuh yang segar di keesokan harinya? Berikut kami berikan cara-cara yang cukup mudah untuk segera diterapkan:

1. Gelap
Para ahli mengatakan meski hanya sedikit, cahaya bisa memengaruhi kadar melatonin dan serotonin di dalam tubuh. Maka itu, matikanlah lampu kamar dan sebisa mungkin tutupi segala sumber cahaya, baik itu dari jendela maupun dari pintu kamar mandi Anda.

2. Matikan televisi
Meski harus melewatkan acara favorit Anda pada malam hari, sebaiknya televisi dimatikan saja agar tak menganggu jam tidur Anda.

3. Mandi air hangat
Tak hanya akan membuat tubuh lebih rileks, tapi mandi dengan air hangat juga akan membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin setelah mandi. Karena suhu tubuh yang menurun itulah, Anda akan bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

4. Pakai kaus kaki
Kaki adalah bagian tubuh yang memiliki sirkulasi paling buruk. Saat merasa kaki kedinginan, Anda tak akan bisa tidur nyenyak. Maka itu, jangan hanya selimut, kenakan pula kaus kaki bila Anda merasa kedinginan.

5. Pakai masker mata
Masker tak hanya akan menhalangi cahaya masuk ke mata, tapi juga akan membantu Anda untuk enggan membuka mata kembali sehingga Anda akan lebih fokus untuk tidur.

Sumber: mediaindonesia.com