Cara Ampuh Menjaga Pola Makan Penderita Diabetes

23 Mei 2017 Artikel Kesehatan


Orang yang sudah mengalami gejala diabetes, sangat penting untuknya menjaga asupan makanan pada dirinya. Karena, jika salah dalam memberi asupan makanan pada penderita ini, maka akan membuat gula darah, dan kolesterolnya naik. Ketika gula darah dan kolesterol pada penderita ini naik dan terus naik, minyak pada masakan yang dikonsumsi akan mengendap pada pipa pengantar darah, jika minyak tersebut megendap dalam jumlah yang banyak, hal tersebut akan mengakibatkan pipa pengantar darah menjadi tersumbat dan akhirnya meledak atau pecah. Pecahnya pipa pengantar darah inilah yang akan mengakibatkan seseorang mengalami penyakit stroke. Tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi pada orang yang kita sayang kan?

Maka dari itu, kita selaku orang yang dekat dengan penderita diabetes harus melakukan perawatan yang intens pada pola makan serta olahraganya.Biasanya untuk mengetahui naik atau tidaknya kolesterol atau gula darahnya, penderita akan diminta untuk cek darah. Cek darah normal dilakukan pada tiap bulan. Hasil dari pencekan gula darah itulah yang akan menentukan asupan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Pada penjagaan pola makan penderita diabet ini, memiliki hasil lab:
*. Gula darah diatas 200
*. Kolesterol diatas 300
*. Asam urat diatas 200

Setelah konsultasi pada ahli gizi, makanan yang dianjurkan dimakan pada penderita diabet:

Pagi:

1. Jam 05.30 - 06.00 (sarapan dengan nasi lembek ukuran satu sendok nasi, dengan ikan atau telur yang digoreng atau yang dipepes, namun jika ingin digoreng, gunakan minyak yang rendah kalori) sebelum sarapan, berikan obat yang dianjurkan oleh dokter diminum sebelum makan.
2. Jam 08.30 - 09.00 (mengkonsumsi sayur satu mangkok, sayur yang disarankan adalah sayur lobak, bonteng, dan wortel saja)
3. Jam 10.00 (makan pepaya, pepaya yang disajikan harus sesuai ukuran. Ukuran yang tersaji sangat mudah jika meggunakan pepaya yang sedang, tidak terlalu besar, untuk satu pepaya bisa dikonsumsi empat kali)
4. Jam 11.30 - 12.00 (makan siang, dengan menu yang serupa dengan sarapan pagi)

Siang:

1. Jam 13.00 (sayur satu mangkok)
2. Jam 14.00 (pepaya)
3. Jam 16.00 (mengkonsumsi marie, marie yang digunakan sebaiknya tidak mengandung gula. Biasanya digunakan marie dari kongguan)
4. Jam 17.30 (makan sore dengan menu yang sama pada makan siang atau sarapan pagi)

Malam:

1. Jam 20.00 (mengkonsumsi sayur 1 mangkok)
2. Jam 21.00 (minum susu diabetasol 2 sedok dengan airnya setengah gelas.

Bagi yang senang kopi, cari diabetasol dengan rasa moccacino. Meski rasa moccacino, tapi tidak ada unsur kopinya, ini hanya aroma saja agar penderita tidak terlalu kangen dengan kopinya.

Penderita diabetes sangat tidak diperbolehkan merokok, memakan makanan yang manis-manis, yang asam, yang pedas dan makanan yang terlalu banyak minyak. Sangat dianjurkan makan makanan yang hijau-hijau, namun jika ada asam uratnya, usahakan sayuran hijau tidak dikonsumsi, dan tidak memakan jagung.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)