Cara Alternatif Membersihkan Gigi dan Mulut Selain Sikat Gigi

20 Mei 2015 Artikel Kesehatan


Menjaga kesehatan gigi merupakan suatu hal yang penting. Karena mulut dan gigi adalah bagian yang tak luput dari perkembangan bakteri. Salah satu cara menjaga kesehatan gigi yaitu dengan menggosok gigi rutin setiap hari.

Namun, jika nyatanya Anda justru malas menggosok gigi, berhati-hatilah karena bakteri tentunya sangat rentan masuk dan menempel di gigi Anda. Akan tetapi, bagi Anda yang malas menggosok gigi, ada solusi alternatif makanan/minuman yang fungsinya sama dengan melakukan gosok gigi. Seperti dikutip dari besthealthmag.ca, berikut adalah beberapa cara alami yang dapat Anda gunakan:

Berkumur mouthwash

Menggunakan mouthwash merupakan salah satu alternatif yang dibilang mudah. Mouthwas akan membuat nafas tetap segar dan menjaga gigi tidak dipenuhi bakteri. Pilih yang tidak mengandung alkohol karena berdasarkan sebuah penelitian, mouthwash yang mengandung alkohol justru meningkatkan risiko terserang kanker mulut.

Mengunyah permen karet ber-xylitol

Cara mudah membersihkan gigi adalah dengan mengunyah permen karet. Pilih yang ber-xilytol karena membantu membunuh bakteri, menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut. Sensasi mint yang ditimbulkan juga dapat menambah nafas segar di mulut.

Kayu Manis

Sifat anti bakteri dan antijamur yang dimiliki kayu manis sangat baik melawan bakteri. Anda bisa berkumur dengan mencampur kayu manis dengan air sebentar. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa permen karet kayu manis yang dikunyah sebentar akan membunuh bakteri buruk di dalam mulut. Permen karet mengandung aldehida sinamat yaitu senyawa yang memberikan rasa pada kayu manis yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)