Cara Alami Singkirkan Sakit Kepala

15 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Anda kerap didera sakit kepala, sebaiknya jangan selalu mengandalkan obat untuk mengatasi nyeri. Karena, bila terlalu sering, tubuh Anda akan menjadi resistan sehingga dibutuhkan obat dengan dosis yang lebih banyak lagi.

Padahal ada beberapa cara mudah menyingkirkan sakit kepala tanpa mesti menelan obat. Selain tentunya memperbanyak makan buah dan sayur sebagai pencegahan, Anda juga bisa mencoba beberapa cara alami di bawah ini seperti dikutip dari Shine.com:

a. Tidur siang
Cobalah untuk tidur siang sebentar saja untuk mengurangi rasa nyeri yang terasa. Namun, jangan sampai malah kebablasan terlalu lama tertidur karena itu justru akan memperparah sakit kepala Anda. Cobalah tidur sing di sela-sela aktivitas selama 15-30 menit.

b. Latihan pernapasan
Saat sakit kepala muncul, ambil napas dalam-dalam. Tarik dan keluarkan kembali napas secara perlahan. Gerakan sederhana ini bisa membuat tubuh dan kepala merasa lebih nyaman dengan rasa nyeri yang berkurang.

c. Pijat kepala
Pijat memang dikanal ampuh dan efektif menyembuhkan sakit kepala. Pijat kening Anda menggunakan jari dengan gerakan memutar secara perlahan. Juga coba tekan dengan lembut dahi Anda dengan jari-jari.

d. Aromaterapi
Menghirup minyak aromatic tak hanya dapat meredakan sakit kepala, tapi juga bisa memperbaiki suasana hati Anda. Coba hirup minyak atsiri beraroma lavender, kayu cendana, dan vanila yang bermanfaat menyingkirkan stress. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com