Cara Alami Mengobati Sariawan

20 Maret 2013 Artikel Kesehatan


Mengalami sariawan yang merupakan penyakit rongga mulut yang paling sering dialami orang memang tidak terasa nyaman.Rasa tidak nyaman ini dapat menghilangkan nafsu makan serta menurunkan semangat untuk melakukan berbagai kegiatan. Sariawan merupakan penyakit yang biasa menyerang bibir,gusi,atau lidah. Jangan biarkan sariawan menyerang terlalu jauh, kita bisa mengatasi sariawan dengan cara sehat dan sederhana.

Sariawan atau lebih dikenal sebagai stomatitis adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut. Sariawan memang bukan penyakit yang serius atau bahkan mengancam jiwa, tetapi kondisi ini sangat mengganggu karena membuat anda sulit untuk makan dan berbicara.

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau minuman yang asam.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengobati sariawan;

1. Berkumur dengan air garam
Berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur garam tiga kali sehari untuk menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

2. Bawang putih dan pepaya
Mengoleskan obat langsung pada luka sariawan dapat mempercepat proses penyembuhan. Tempelkan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

3. Baking soda
Campurkan baking soda dan air. Kemudian gunakan sebagai obat kumur atau pasta gigi untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit.

4. Minum yogurt
Yogurt mengontrol keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Dengan ini, anda bisa meningkatkan kecepatan penyembuhan dan membantu mencegah luka sariawan.Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

5. Minum vitamin
Perbanyak konsumsi vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan.

Sariawan dapat bikin mulut cenut-cenut dan sulit untuk bicara. Daripada cemberut hanya gara-gara sariawan, lebih baik segera coba tips di atas.

(Dikutip dari berbagai sumber)