Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

6 Mei 2017 Artikel Kesehatan


Bekas luka memang terkadang sangat mengganggu indahnya penampilan. Tidak sedikit pula orang yang memilih untuk menutupinya dengan pakaian atau celana karena merasa tidak percaya diri karena adanya bekas luka pada kulit. Setiap orang memang terkadang memiliki bekas luka. Bekas luka itu sendiri biasanya disebabkan karena luka lecet saat terjatuh dan kulit benda keras, kulit terkena goresan benda tajam, luka bakar knalpot, jerawat, dan banyak penyebab yang menimbulkan bekas luka.

Yang akan sangat menggangu adalah bila bekas luka ada di area seperti tangan luar, betis, atau bahkan bekas luka karena jerawat di bagian wajah. Hal ini tentunya akan mengganggu penampilan Anda sehingga membuat kurang percaya diri. Untuk menghilangkan bekas luka lama memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, memerlukan proses yang panjang karena kulit pula butuh proses untuk meregenerasi sel-sel kulit yang rusak. Menghilangkan bekas luka secara alami memang banyak dipilih kebanyakan orang, karena cara alami tidak memerlukan biaya yang besar dan tidak menimbulkan efek samping yang berdampak butuk bagi kesehatan.

Madu

Siapa orang yang meragukan manfaat madu. Bahkan sudah banyak orang yang mengakui kalau madu memang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Diantara begitu banyaknya khasiat madu bagi kesehatan salah satunya manfaat madu untuk menghilangkan bekas luka. Caranya pun mudah, Anda cukup mengoleskan madu pada kulit dimana terdapat bekas luka, diamkan beberapa menit, kemudian basuh dengan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari hingga bekas luka pada kulit Anda memudar.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang ingin memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas luka. Berikut caranya: Kupas/iris jeruk nipis lalu gosok atau oleskan pada bekas luka. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit lalu basuh menggunakan air hangat. Lakukan ini secara rutin.

Mentimun

Buah mentimun tidak hanya memiliki kandungan vitamin C dan potasium yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, namun juga kaya akan kandungan air dan menyegarkan tentunya. Joel Schlessinger.MD, ahli kulit dari Omaha, Nebraska, meyebutkan bahwa mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput pada kulit. Untuk menghilangkan bekas luka dengan mentimun cara nya pun mudah, Anda cukup menghaluskan buah mentimun, setelah halus oleskan pada bekas luka. Lakukan cara ini pada malam hari, dan biarkan sepanjang malam.

Lidah Buaya

Kandungan Asam Amino dan Ligmin yang terdapat pada lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit. Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya adalah mengoleskan lendiri lidah buaya pada bekas luka pada kulit. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari. Saat mengoleskannya hati-hati terkena getah lidah buaya, karena getah lidah buaya dapat membuat kulit terasa gatal.

Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan bahan alami yang mudah sekali ditemukan. Anda bisa menggunakan bawang putih untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Caranya, kupas bawang putih dari kulitnya lalu iris, kemudian gosokan bawang putih pada bekas luka. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari.

Nah, itulah cara alami untuk menghilangkan bekas luka. Semoga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)