Cara Alami Mengatasi Mata Bintitan

1 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Bintitan merupakan bisul yang kecil yang tumbuh di kelopak mata. Bakteri staphylococcus aureus ini yang menyebab utama munculnya bintitan di kelopak mata. Bukan karena sering mengintip seperti yang ada dalam mitos. Bintitan di mata ini sangat mengganggu penglihatan dan membuat mata susah untuk berkedip. Bintitan mata muncul karena kurang bersihnya lingkungan sekitar seperti debu dan polusi udara. Maka dari itu sebaiknya jika Anda ingin keluar rumah ada seharusnya menggunakan alat yang bisa menjaga kesehatan mata dengan baik.

Mata bintitan biasanya akan membaik dengan sendirinya tanpa harus melakukan perawatan apapun. Bisul bintitan akan pecah dan mengeluarkan nanah dan akan mulai mengalami proses pemulihan. Oleh karena itu, jika Anda tengah mengalami mata bintitan sebaiknya jangan memencet dan mengeluarkan nanah, hal tersebut hanya akan membuat infeksi semakin meluas. Bintitan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga tiga minggu.

Berikut beberapa cara mengatasi bintitan:
1. Kompres dengan air hangat

Mengompres mata dengan menggunakan handuk yang direndam air hangat selama lima hingga 10 menit akan membantu untuk mengempiskan benjolan lebih cepat. Ulangi cara tersebut sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari hingga bintitan mengeluarkan nanah. Keluarnya nanah pada bintitan adalah tanda akan segera sembuh. Tidak hanya itu, jaga juga area mata tetap bersih, selama prosedur ini dan selama masa pemulihan. Hindari mata yang mengering dan mengelupas, dengan menjaga area mata tetap lembab.

2. Memakai bawang putih
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bawang putih adalah bahan untuk masakan. Selain menjadi bahan untuk memasak ternyata bisa mengobati bintitan pada mata dengan kandungan yang dimiliki yang terdapat pada bawang putih tersebut. Caranya sangat mudah cukup iris-iris atau tumbuk sampai halus, setelah itu oleskan pada bagian bintitan.

3. Ketumbar
Salah satu pengobatan alami yang sangat baik untuk bintitan adalah biji ketumbar. Cukup rebus 2-4 sendok makan ketumbar dalam air kemudian kompres mata dengan air rebusan ketumbar ini. Ini karena biji ketumbar memiliki banyak antioksidan dan sifat membunuh bakteri dan mengurangi peradangan sehingga baik untuk bititan.

4. Teh celup
Jika Anda kebetulan selesai minum teh celup, maka jangan langsung dibuang kantong teh celup tersebut. Anda bisa mengobati bintitan dengan kantong teh celup. Anda cukup mengompres mata dengan kantong teh celup hingga peradangan mengecil. Teh memiliki banyak antioksidan sehingga baik dalam mengurangi penderitaan karena bintitan.

5. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk sakit bintitan secara alami. Daun jambu biji memiliki anti bakteri dan anti-inflamsi yang mampu membunuh bakteri atau kotoran yang masuk ke mata. Cara menggunakannya, daun jambu biji ditumbuk lalu dibubuhkan pada kelopak mata yang sakit bintitan.

Jika bintitan tidak juga mereda dan mata kembali normal, maka periksakan ke dokter, siapa tahu ada penyakit lain yang menyebabkan bintitan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)