Camilan Apa yang Baik untuk Kesehatan Anak? Berikut Tips Memilihnya!

15 Oktober 2018 Artikel Kesehatan


Sebagai selingan makanan pokok, camilan merupakan salah satu hal penting untuk tumbuh kembang anak. Camilan juga berfungsi sebagai makanan pendamping anak yang syarat akan nutrisi dan baik untuk kesehatannya.

Namun, hal yang harus diperhatikan orangtua adalah mengenai memilih camilan yang sehat. Dibanding dengan makanan ringan yang banyak mengandung msg ceperti ciki, maupun jajanan pinggiran, tentu camilan sehat merupakan pilihan utama para orangtua dalam memberi asupan yang bergizi bagi anak.

Nah, buat orangtua yang masih bingung mengenai memilih camilan yang baik untuk anak, berikut ulasan mengenai tips memilih camilan sehat dan bergizi sebagai makanan pendamping si kecil.

Buah dan sayur-sayuran

Camilan yang paling baik untuk anak-anak adalah camilan yang sehat dan masih alami, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh si anak. Untuk bayi, Anda dapat merebus atau mengukus potongan buah dan sayur tersebut supaya lunak

Perhatikan kandungan gizi

Saat Anda hendak membeli camilan untuk anak, perhatikan kandungan gizi yang terdapat dalam camilan tersebut. Pilihan makanan yang mengandung kadar nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya. Namun sebaiknya Anda mengusahakan untuk memilih camilan yang tidak mengandung bahan pengawet atau pewarna.

Hindari pemanis buatan

Saat memilih camilan untuk anak, jangan memilih makanan yang mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan si kecil karena dapat mempengaruhi sistem pencernaan buah hati Anda.

Camilan yang dapat menjadi sumber tenaga

Kegiatan bermain dan belajar sedikit banyak akan menguras energi anak. Agar daya tahan tubuhnya kuat dan metabolisme tubuhnya berfungsi optimal, Anda perlu memberikan camilan yang dapat menjadi sumber tenaga. Beberapa camilan lezat nan bergizi seperti kentang rebus atau perkedel, roti, sereal, dan tempe goreng bisa jadi alternatif.

Hindari camilan ber-MSG

MSG merupakan zat yang digunakan pada makanan-makanan saat ini untuk penguat rasa. Zat ini memiliki pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan. Jika anak sering mengkonsumsi makanan dengan penguat rasa, hal ini akan membuat si anak tidak suka sayuran dan hanya mau makan makanan dengan tambahan MSG.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)