Cahaya Televisi dan Komputer Sebabkan Kegemukan

15 Oktober 2010 Artikel Kesehatan


Menonton televisi atau menggunakan komputer hingga larut malam, menurut sebuah penelitian terbaru, bisa menyebabkan kegemukan. Para peneliti memercayai bahwa kebiasaan tetap terjada hingga larut malam karena menonton televisi bisa mengarahkan seseorang untuk mengonsumsi makanan pada waktu yang salah.

Buktinya, pada uji coba terhadap hewan, tikus yang dihadapkan pada cahaya terang hingga larut malam cenderung mengalami penambahan berat badan. Dalam waktu delapan minggu, berat mereka bertambah hingga 50 persennya jika dibandingkan dengan tikus yang menjalani pola makan sama, tapi hanya diberi cahaya sedang.

Cahaya di malam hari menyebabkan waktu makan tikus menjadi kacau sehingga metabolisme tubuh mereka pun terganggu, kata para peneliti. Efek serupa dimungkinkan terjadi juga pada manusia yang kerap mencamil dan terpapar cahaya terang pada larut malam dari menonton televisi atau menggunakan komputer.

Profesor Randy Nelson, salah satu peneliti dari Ohio State University di Columbus, AS, mengatakan, "Cahaya pada larut malam merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap apidemi obesitas yang kini semakin menjadi tren." Ia menambahkan, "Bertambahnya kasus obesitas di berbagai negara di dunia disebabkan beberapa faktor, termasuk paparan cahaya terang pada malam hari." Hasil penelitian ini telah diterbitkan secara daring dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Science edisi Oktober 2010.

Sumber: mediaindonesia.com