Cacar Air? Air Kelapa Muda Solusinya

26 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Cacar air adalah penyakit yang menyerang bagian kulit manusia. Cacar air adalah penyakit yang menular dan penyebabnya adalah karena infeksi virusvaricella-zoster, cacar air ini dapat menular lewat udara, cairan pernafasan, bisa juga saat berhubungan langsung dengan penderita cacar air tersebut. Saat penderita cacar air berkeringat maka bintik ini akan terasa sangat gatal. Namun sebaiknya anda jangan menggaruknya, karena jika bintik tersebut pecah cairan yang keluar akan menularkan atau menambah banyak cacar di tubuh Anda.

Penyakit cacar air merupakan penyakit yang dipercaya menyerang tiap individu sekali sepanjang hidupnya. Walaupun begitu, penyakit cacar air ini juga harus ditangani dengan cara yang tepat, sebab tidak jarang penderita cacar air bisa kehilangan nyawa jika tidak cepat diatasi sehingga menyebar di organ-organ vital Anda. Cacar air menyebabkan penderitanya demam, badan terasa lemas, sakit pada kepala, pusing, cepat lelah dan lain lain. Yang kemudian akan muncul bintik air tadi. Untuk anak anak sebaiknya lakukan pencegahan dengan cara imunisasi rutin.

Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk obati cacar air:
1.Kunyit

Cara yang pertama yaitu menggunakan bahan kunyit untuk menyembuhkan cacar air. Caranya yaitu tumbuk kunyit hingga halus, tambahkan juga buah asam. Tumbuk lagi sampai tercampur rata, masukkan minyak kelapa, kemudian panaskan ramuan tadi, jika sudah panas jangan sampai mendidih, angkat ramuan dan dingin kan. Untuk menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskan ramuan tersebut pada bagian yang terkena cacar air. Sebaiknya cara ini dilakukan pada saat bintik masih sedikit karena untuk mencegah bintik tersebut menyebar.

2.Mengkudu
Siapa sangka buah yang baunya khas ini mampu mengobati penyakit cacar. Caranya cukup mudah yaitu siapkan dua sampai tiga buah mengkudu yang sudah matang, kemudian cuci buah mengkudu sampai bersih, jika sudah blender buah mengkudu tadi dan saring airnya ke dalam gelas. Minum air mengkudu tersebut sebanyak setengah gelas, dua sampai tiga kali setiap hari. Minum secara rutin agar hasilnya maksimal.

3.Air kelapa muda
Yang ketiga yaitu air kelapa. Siapkan satu gelas air kelapa muda dan campur dengan tiga sendok makan madu, aduk dan minumlah air kelapa tersebut. Selain menyegarkan tubuh, air kelapa muda juga mampu mengobati cacar air.

Kesembuhan akan cepat dicapai bila keadaan umum penderita dijaga agar tetap baik. Karena itu, kualitas dan kuantitas makanan bagi penderita perlu dijaga. Jika daya tahan terus meningkat, proses penyembuhan akan berjalan cepat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)