Buah Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

19 Agustus 2013 Artikel Kesehatan


Buah-buahan adalah sumber yang sangat baik untuk energi dan gizi serta diet, buah-buahan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sudah sepantasnya jika saat ini mulai banyak orang yang menyadari akan pentingnya memiliki ukuran berat badan normal bagi kesehatan. Berbagai macam penyakit kronis memang lebih rentan terhadap orang dengan obersitas.Upaya yang paling umum untuk tujuan menurunkan berat badan adalah berolahraga secara teratur plus mengatur diet harian. Namun yang paling penting adalah tetap mengikuti diet sehat yaitu tetap memperhatikan kebutuhan tubuh akan nutrisi.

Salah satunya agar diet menurunkan berat badan tetap sehat adalah makan buah-buahan. Buah-buahan sangat bagus bagi kesehatan dan juga tetap baik dikonsumsi dalam menurunkan berat badan. Hal yang menjadi alasannya adalah buah yang rendah kalori dan lemak, namun mengandung tinggi serat. Semua buah-buahan adalah sumber yang kaya vitamin,mineral dan antioksidan yang sangat penting untuk melindungi kita dari penyakit. Untuk menurunkan berat badan adalah penting untuk makan dalam jumlah yang tepat makanan rendah kalori setiap hari. Jadi buah akan memberikan peran yang penting bagi diet dan kesehatan. Kebanyakan buah sama seperti makanan-makanan harian lain,namun buah tidak menambah banyak kalori.

Beberapa buah yang membantu dalam menurunkan berat badan:
1.Buah Beri
Buah Beri seperti stroberi, blueberry, rasberry dll, baik untuk melancarkan BAB. Buah-buahan golongan ini dapat membersihkan racun yang ikut tercerna masuk kedalam tubuh bersama makanan. Sekaligus akan membantu mengurangi kolesterol jahat, sehingga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang sehat.

2.Nanas
Nanas bebas kolesterol dan lemak,namun nanas kaya akan nutrisi penting,vitamin,serat,antioksidan dan mineral.Nanas adalah buah terbaik untuk menurunkan berat badan.Nanas mengandung 85% air yang akan membantu untuk menjaga perut anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama,sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan.

3.Apel
Apel merupakan sumber yang kaya serat.Karena kebanyakan buah apel rasanya manis,itu juga akan membantu anda untuk menjaga keinginan makan yang manis.Apel juga mengenyangkan dan juga akan membantu membersihkan tubuh anda,dimana ini juga penting untuk menurunkan berat badan.

4.Pisang
Buah yang satu ini sangat mudah tumbuh di daerah tropis, bahkan sangat mudah tumbuh di pekarangan rumah dengan kondisi tanah sedikit lembab. Buah ini juga merupakan jenis buah yang umum kita jumpai di pasaran dengan harga yang relative murah. Jenis buah ini sangat cocok dijadikan buah penurun berat badan karena kandungan nutrisinya yang kaya vitamin dan mineral serta kandungan kalori yang terdapat didalamnya merupakan karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lama di dlaam saluran pencernaan sebelum tuntas untuk membentuk energy.

5.Buah Kiwi
Kiwi adalah Buah yang kaya akan vitamin C.Buah kiwi juga tinggi serat yang akan membantu untuk menekan nafsu makan anda,selain itu juga bagus bagi kesehatan pencernaan.

6.Jeruk lemon
Lemon terkenal sangat membantu dalam menurunkan berat badan.Peras setengah buah lemon kedalam air,tambahkan satu sendok madu dan minum.Ini adalah salah satu tips terbaik untuk menurunkan berat badan.Lemon akan membantu untuk membersihkan sistem dalam tubuh,yang pada akhirnya akan membantu membakar lemak.

7.Buah-buahan kering
Beberapa buah-buahan kering seperti kurma, plum, dan kismis dapat ditambahkan dalam jumlah kecil pada diet Anda. Sama seperti buah segar, buah-buahan kering juga efektif dalam membakar kelebihan lemak dan mengurangi kolesterol, sehingga membantu menurunkan berat badan dengan sehat.

Secara umum, hampir semua buah memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan karena nilai dari kandungan lemak jenuh dan memiliki karbohidrat kompleks. Pemilihan buah yang cocok untuk penurunan berat badan sebaiknya dipilih jenis buah yang kaya warna. Karena warna alami yang dimiliki oleh buah-buahan maupun sayur-sayuran menandakan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada buah tersebut. Dan saran penyajian dalam melakukan sebaiknya mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu sebelum masuk kedalam menu utama hal ini memberikan efek kenyang pada tubuh.

(Dikutip dari berbagai sumber)