Buah Satu Ini Ampuh Cegah Anemia

4 April 2018 Artikel Kesehatan


Anemia disebabkan oleh berkurangnya tingkat protein pada sel darah merah yang mengandung hemoglobin (Hb). Substansi ini bertugas membawa oksigen ke otak dan ke organ-organ tubuh lainnya. Dengan berkurangnya hemoglobin, akan membuat kemampuan untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh akan berkurang. Inilah yang menyebabkan kapasitas dan kinerja seseorang yang menderita penyakit anemia menjadi berkurang.

Sebenarnya penyakit anemia terdiri dari berbagai jenis. Namun anemia yang paling sering terjadi adalah jenis anemia gizi. Anemia gizi ini disebabkan oleh kurangnya zat besi, vitamin B6, B12, dan vitamin C dalam asupan gizi dari makanan sehari-hari yang dibutuhkan oleh seseorang dan buah pisang salah satunya.

Pisang termasuk buah yang padat nutrisi dan energi. Teksturnya yang lembut membuat pisang sering dijadikan buah pilihan bagi anak-anak. Di banyak negara maju, pisang kerap menjadi bekal makanan anak-anak ke sekolah. Mereka juga memasukkan potongan pisang ke dalam sereal dan susu saat sarapan. Pisang menyediakan cukup energi bagi anak-anak untuk siap mengikuti pelajaran di sekolah.

Banyak manfaat dari mengonsumsi buah pisang setiap hari. Salah satunya ialah mencegah anemia seseorang kambuh. Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan zat besi yang tinggi. Sehingga selalu memberikan asupan yang cukup untuk zat besi Anda. Setidaknya mengonsumsi dua buah pisang setiap hari cukup menghindari seseorang anemia.

Selain itu, asam folatnya juga membantu menghasilkan asam nukleat dan hemoglobin dalam sel darah. Seperti yang diketahui hemoglobin penting untuk kelancaran aktivitas fisik seseorang, dengan kandungan asam folat membantu meningkatkan oksigen yang dikeluarkan paru-paru ke seluruh tubuh.

Tak hanya itu, penelitian telah menunjukan pisang dapat meningkatkan mood. Hal ini bisa terjadi karena kandungan trytophan (asam amino) diubah jadi serotonin (hormon pemberi rasa nyaman) yang membantu dalam membentuk suasana seseorang hati jadi stabil. Lain itu juga, dapat memiliki efek menenangkan otak.

Dengan demikian, kini tak ada salahnya menambahkan buah pisang disetiap menu harian Anda. Sebab, pisang sudah terbukti ampuh mencegah anemia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)