Buah Manis yang Ampuh Cegah Diabetes

10 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena jumlah kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Penyakit ini pada umumnya dipengaruhi karena gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Punya riwayat keluarga diabetes memang menjadi satu kekhawatiran tersendiri, dan Anda perlu menjaga pola makan dan memperhatikan asupan makanan untuk menghindari diabetes, termasuk juga makan buah. Nah, ingin tetap makan buah tapi jauh dari diabetes?

Berikut beberapa buah yang cocok dimakan untuk mencegah diabetes:
1. Jambu biji

Jambu biji tidak memiliki kadar gula yang tinggi namun kaya nutrisi serat, sehingga sangat baik mencegah diabetes. Bahkan jambu biji aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena rendah gula, membantu mengurangi penyerapan gula dan kaya vitamin C yang dapat mengurangi kerusakan sel karena diabetes.

2. Apel
Buah yang umum dimakan untuk menjaga kesehatan ini juga sangat baik mencegah diabetes. Meskipun manis, namun kaya serat dan antioksidan seperti vitamin C yang menjaga kinerja insulin. Makan apel satu buah sehari bisa menjauhkan Anda dari dokter, termasuk juga diabetes.

3. Manggis
Buah manggis merupakan buah yang cukup banyak ditemui di Indonesia dan memiliki rasa manis asam yang segar. Bukan hanya buahnya saja yang kaya antioksidan dan bisa mencegah diabetes, kulitnya bahkan memiliki antioksidan yang bisa mencegah tumbuhnya sel kanker. Rebus kulitnya dan minum sehari sekali untuk mencegah diabetes, kanker dan kelebihan berat badan.

4. Jeruk
Buah jeruk kaya akan vitamin C. Dengan rasanya yang manis dan sedikit asam, jeruk sangat baik untuk mencegah diabetes. Selain bisa mengurangi risiko diabetes, vitamin dalam jeruk juga membantu menurunkan kadar gula darah.

5. Alpukat
Buah ini memang tidak memiliki rasa manis yang terasa di lidah, dan inilah kelebihan alpukat. Sangat rendah gula dan memiliki lemak sehat yang menguatkan sel-sel tubuh untuk mengontrol kolesterol dan gula darah. Bahkan lemak dalam buah alpukat mampu membuat fungsi insulin lebih optimal sehingga mengurangi risiko diabetes.

6. Kiwi
Buah kiwi mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin C dan kalium. Buah kiwi juga tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. Buah ini juga mengandung karbohidrat yang cukup rendah, sehingga baik untuk dikonsumsi dan mencegah diabetes.

Itulah buah-buahan yang terbukti mampu mencegah diabetes. Jadi, jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit diabetes sering-seringlah konsumsi buah-buahan ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)