Buah Delima, Kecil Buahnya Besar Manfaatnya

6 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Delima memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah kecil yang sering dijumpai ini sangat berkhasiat karena kandungan gizinya yang tinggi. Terdapat beberapa jenis diantaranya delima merah, ungu dan putih.

Delima bak buah legenda. Disebut dalam banyak hikayat, buah ini ternyata juga sarat manfaat. Selain menawarkan kesegaran rasa, delima juga menawarkan banyak manfaat. Buah ini tergolong mudah tumbuh di berbagai jenis lahan dan sudah menyebar luas di Indonesia. Meskipun buahnya kecil, khasiat yang dimiliki amat besar. Beberapa khasiat atau manfaatnya antara lain sebagai berikut:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah delima banyak mengandung vitamin C sehingga sangat berkhasiat untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu juga membantu mengatasi masalah lambung.

Mencegah Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa jus buah delima dan ekstrak delima dapat menyebabkan kematian sel kanker. Selain itu, delima juga dapat mencegah kanker payudara dan penurunan perkembangan kanker kulit jenis karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

Menormalkan Tekanan Darah

Menurut sebuah penelitian ekstrak buah delima dapat membantu mencegah tekanan darah meningkat terkait dengan konsumsi makanan yang tinggi lemak.

Mencegah Penyakit Jantung

Dalam jurnal ilmiah peneletian terbaru menunjukkan bahwa delima dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mensintesis kolesterol dan menghancurkan radikal bebas dalam sistem vaskular.

Melindungi dari Infeksi

Ekstrak buah delima dapat meningkatkan efektivitas obat yang digunakan terhadap tumbuhan gram negatif yang dikenal resisten terhadap obat.

Mengurangi Stress

Dalam sebuah penelitian buah delima dapat mengurangi stress dan membuat hati menjadi lebih tenang. Delima dapat mengurangi kadar kortisol atau hormone yang menyebabkan stress. Serta dapat mengurangi tekanan darah sehingga membuat Anda menjadi lebih rileks.

Mengatur Sindrom Metabolisme

Delima dapat membantu mengatur gula darah, mampu melawan peradangan, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, dan meningkatkan berbagai faktor lain yang terlibat dalam sindrom metabolisme yang berhubungan dengan obesitas dan pemicu diabetes. Sehingga delima dapat membantu penurunan berat badan.

Melindungi Hati dan Ginjal

Ekstrak delima mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun. Selain itu, delima juga melindungi hati Anda dan membantu untuk meregenerasi hati yang mengalami kerusakan.

Mencegah Penyakit Prostat

Jus buah delima mampu mencegah penyakit kanker prostat. Ketika senyawa disuntikkan, akan terjadi adhesi tarik-menarik antar sel kanker. Hal ini menandakan bahwa sel kanker tidak akan berkembang dan menyebar jika Anda mengkonsumsi jus delima.

Bermanfaat untuk Ibu hamil

1. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan imunitas pada janin serta membantu penyerapan zat besi untuk pembentukan darah janin karena kaya Vitamin C.

2. Membantu perkembangan otak janin dan menurunkan resiko mengandung dan melahirkan bayi dengan cacat otak dan defek tuba neural seperti spina bifida karena mengandung folic acid atau asam folat.

3. Mengandung zat besi untuk pembentukan darah janin serta persediaan ibu periode laktasi hingga enam bulan.

4. Memberikan karakter keras pada tulang serta gigi janin sesudah lahir karena kandungan mineralnya.

5. Menyeimbangkan asam-basa di dalam sel supaya ibu hamil tidak cepat dehidrasi dengan kandungan natriumnya.

Meski memiliki ukuran yang kecil, namun delima memiliki kandungan gizi yang sangat banyak sehingga manfaatnya pun juga sangat banyak bagi tubuh kita. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, mulailah mencari disekitar rumah Anda atau di toko-toko buah terdekat.

Jangan sampai buah yang kaya manfaat ini Anda sia-siakan begitu saja. Terutama bagi Anda yang sedang hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsinya.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)