Buah dan Sayur Bikin Panjang Umur

13 Juni 2011 Artikel Kesehatan


Sebagai negara tropis, Indonesia sangat kaya akan sayur-mayur dan buah-buahan. Namun masih sedikit keluarga yang berprinsip tiada hari tanpa buah dan sayur dalam menu hariannya. Padahal, rutin mengonsumsi sumber serat ini bisa bikin panjang umur.

Beberapa jenis sayur dan buah efektif untuk menurunkan kolesterol, kadar gula, mencegah penyabaran sel kanker, antibiotik, mengurangi serangan rematik, mencegah diare, dan masih banyak lagi. Sayur juga mengandung serat pangan yang tinggi untuk mencegah sembelit, diabetes, kanker kolon, hipertensi, dan sebagainya.

Baru-baru ini dipublikasikan hasil penelitian terbaru mengenai khasiat sayuran dari keluarga sesawi, misalnya brokoli, kol dan kembang kol. Sayuran keluarga sesawi ini mengandung vitamin C tinggi dan kaya akan serat dan nutrisi lain.

Dalam survei yang dilakukan terhadap 135.000 orang dewasa di Shanghai, China, terungkap mereka yang rutin mengonsumsi sayuran sesawi itu jantungnya lebih sehat dan secara umum berumur lebih lama.

Penelitian ini dilakukan selama 5 tahun. Pada akhir periode penelitian, mereka yang rajin makan buah dan sayuran hanya 15 persen yang meninggal akibat penyakit jantung dibanding orang yang makan hanya sedikit. Pada orang yang rajin mengasup sayuran sesawi, perbedaannya lebih besar lagi.

Kendati demikian, para peneliti mengatakan untuk hidup sehat tidak cukup hanya mengasup buah dan sayur saja. Imbangi pula dengan olahraga, tidak merokok, serta menjaga berat badan.

Sumber: kompas.com