Buah-Buahan dengan Kandungan Vitamin C Lebih Baik dari Jeruk

26 April 2015 Artikel Kesehatan


Bukan hanya jeruk saja yang kaya vitamin C, beberapa buah-buahan lain malah lebih banyak mengandung vitamin C. Buah apa saja itu? Buah-buahan kaya vitamin C sangat baik dikonsumsi sebagai antioksidan pembantu kekebalan tubuh terutama saat kita mudah terkena flu di musim hujan seperti sekarang ini. Kita biasa menganggap vitamin C identik dengan buah jeruk. 100 gram jeruk jenis valencia California misalnya, mengandung 48 mg vitamin C. Padahal banyak buah-buahan lain yang sering Anda jumpai sehari-hari yang tanpa diduga-duga memiliki nutrisi vitamin C yang jauh lebih tinggi dibanding jeruk.

Berikut buah-buahan kaya vitamin C dan lebih baik daripada jeruk:
1. Pepaya

Buah pepaya yang manis, segar dan lembut ini cocok dimakan ketika cuaca panas, namun juga sekaligus mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda dan lebih baik dari jeruk. Pepaya memiliki vitamin C hingga 238 mg, lebih tinggi dari buah jeruk. Pepaya juga kaya vitamin A.

2. Jambu biji
Buah jambu biji bukan hanya kaya serat dan baik melancarkan sembelit, namun juga kaya vitamin C. Kandungan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk, sekitar 228.3 mg/100 gr atau sekitar 4 kali lipat vitamin C yang dimiliki buah jeruk.

3. Strawberry
Buah berry ini juga kaya vitamin C, hampir menyamai pepaya. Bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan vitamin C Anda, namun juga rendah kalori dan sangat baik membantu program diet Anda.

4. Nanas
Buah nanas yang memiliki rasa asam manis segar ini sangat baik menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, dan tidak perlu diragukan lagi kandungan vitamin C-nya. Nanas memiliki 80 gr vitamin C dan sangat baik juga melancarkan pencernaan karena kaya serat.

5. Kiwi
Buah dengan rasa manis asam ini juga sangat kaya vitamin C lebih baik dari jeruk, yaitu hingga 167 mg dan juga kaya potasium, magnesium, asam folat dan bahkan mengandung vitamin K.

Jadi, jangan hanya berpikir jeruk saja yang kaya vitamin C, buktinya ada banyak buah yang tidak kalah sehat dan bergizi dari jeruk.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)