Buah-Buahan Berbau Tapi Menyehatkan

9 Oktober 2013 Artikel Kesehatan


Beberapa buah memiliki bau atau aroma menyengat dan busuk. Tapi tahukah bahwa di antaranya memiliki rasa enak, bahkan baik untuk kesehatan? Apakah anda juga penasaran mengapa banyak orang memburu buah-buah tersebut?.Mungkin kini saatnya anda untuk mengetahui manfaat buah ini, kemudian mulai berusaha untuk tidak menghindarinya. Ada yang bilang, Anda tidak akan pernah tahu yang sebenarnya sebelum mencobanya.

1.Salak


Salak adalah jenis pohon palem-paleman (Palma) yang awalnya tumbuh di semenanjung Malaysia, Thailand, Myanmar dan pulau Sumatera Indonesia. Kini buah ini banyak dibudidayakan di berbagai wilayah dan menghasilkan banyak jenis salak. Rasa salak bervariasi diantaranya ada yang agak kemanisan, renyah, berair, lembut, asam tergantung pada jenisnya. Ada yang bilang baunya sepertinya bau kaki.

Ada yang bilang rasanya seperti kombinasi mangga dan nangka,sebagian menyebut rasanya seperti campuran nanas dan apel. Salak memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.Namun demikian, tidak banyak klaim yang menyebutkan khasiat salak untuk apa saja, tapi penduduk lokal indonesia mengkaitkan buah salak untuk mengobati buang air besar berlebihan atau mencret.


2.Durian

Bagi sebagian orang, buah durian bagaikan neraka. Mereka menyebutnya busuk, bikin muntah dan bau. Bagi sebagian lainnya durian adalah surga dunia, harum dan membuat mereka ingin segera melahapnya. Buah durian memang memiliki aroma sangat kuat dan khas. Durian sangat populer di Asia Tenggara, termasuk buah-buahan tropis, berwarna hijau kekuningan pada buah yang sudah matang dan kulitnya memiliki semacam duri keras.

Itulah mengapa bangsa melayu termasuk Indonesia menyebutnya sebagai durian. Durian memiliki perpaduan rasa yang unik, manis, agak kepahitan, renyah, terasa seperti krim dilidah, ada yang keras, lembut dan sebagainya tergantung dari spesiesnya. Durian juga menjadi bahan makanan olahan yang banyak digunakan untuk; kue, es krim, campuran coklat dan bahkan selai. Durian mengandung protein, lemak, karbonhidrat, gula, dan vitamin tinggi. Daging buahnya biasanya digunakan sebagai obat tradisional untuk mengusir cacing usus dan rebusan akarnya juga bisa digunakan sebagai obat trradisional untuk mengobati demam.


3.Nangka

Meski aroma nangka tidak sekuat durian, namun tetap saja bisa membuat orang tidak menyukainya. Namun demikian,tidak ada yang perlu dikhawatirkan, selain rasanya yang lezat, buah nangka memiliki banyak manfaat seperti daging dan biji nangka memiliki sifat mendinginkan tubuh dan sebagai penyegar. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi.

Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.


4.Mengkudu (Noni)

Buah mengkudu atau yang sering disebut buah noni dalam dunia pengobatan herbal adalah buah yang tidak bisa dimakan atau tidak memiliki rasa tidak enak, pahit, getir,dan sering kali dijauhi.

Namun demikian buah ini memiliki khasiat yang tidak main-main bagi kesehatan anda. Mengkudu juga dikenal sebagai buah keju dan murbei India, tumbuh di kepulauan Asia Pasifik bagian tenggara dan polinesia.

Buah mengkudu memiliki kulit kuning keputihan. Jika dibuka atau dikuak akan muncul aroma yang menyehatkan dan busuk. Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan adalah meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan energi serta digunakan dalam pengobatan diabetes, darah tinggi dan kanker.

(Dikutip dari berbagai sumber)