Brokoli yang Dimasak Pedas Lebih Efektif Cegah Kanker

29 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Siapa yang tidak tahu sayuran ini? Berwarna hijau tua, bentuknya seperti bunga yang tersusun rapat dan mempunyai batang yang tebal. Ya, sayuran ini adalah brokoli. Diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan mencegah kanker. Gizi yang terkandung dalam brokoli antara lain seperti serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral zat besi mineral, yang semuanya diperlukan untuk tubuh yang sehat.

Tidak semua sayuran bisa dimakan begitu saja. Meskipun memang ada beberapa orang yang menerapkan diet raw food, namun masih lebih banyak orang yang makan makanan dengan cara dimasak, termasuk salah satunya adalah brokoli. Banyak sekali sayuran yang perlu dimasak untuk bisa dikonsumsi, tapi ternyata tidak semua sayur diciptakan dengan cara masak yang sama. Beberapa sayuran seringkali mengalami proses pemasakan yang salah sehingga nutrisinya berkurang, salah satunya adalah brokoli.

Sayur hijau ini termasuk salah satu yang terbaik dari jajaran sayur-mayur. Kandungan nutrisinya yang tinggi akan antioksidan dan kemampuannya dalam mencegah berkembangnya sel kanker payudara dan kanker kulit menjadikan brokoli sangat baik dikonsumsi. Namun yang menjadikan brokoli menjadi sumber nutrisi super adalah caranya dimasak.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik memasak brokoli dan bahkan bisa meningkatkan komponen yang melawan kanker. Merebus dan menggoreng adalah cara terburuk untuk memasak brokoli karena saat direbus, nutrisinya terbuang bersama air dan saat digoreng, brokoli semakin berkalori dan membawa kolesterol.

Mungkin hal ini bisa dijadikan alternatif, brokoli yang dimasak dengan cara menambahkan cabai atau dimasak pedas akan semakin mengaktifkan komponen yang mampu melawan kanker di dalam tubuh. Jadi semakin pedas, semakin baik.

So, penting sekali mengetahui cara masak brokoli yang baik agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Sudah siap untuk memasak brokoli hari ini ?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)