Bolehkah Menyantap Makanan dalam Porsi Besar Ketika Berbuka Puasa?

10 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Waktu berbuka puasa selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang setelah seharian berpuasa menahan lapar dan dahaga. Perlu diperhatikan sebaiknya memperhatikan tata cara berbuka puasa, agar tubuh Anda tetap sehat. Karena sembarang mengkonsumsi makanan akan berdampak buruk bagi kesehatan meski dampaknya tidak secara langsung dapat terasa.

Nah yang menjadi kebiasaan terjadi pada beberapa orang biasanya ingin langsung menyantap makanan berat bahkan lebih parahnya lagi beragam hidangan yang tersedia ingin semuanya di makan. Lantas bolehkah untuk menyantap makanan dalam porsi besar ketika berbuka puasa?

Ketika berbuka puasa tidak disarankan untuk langsung mengkonsumsi makanan dalam porsi atau jumlah besar hal dikarenakan perut kosong karena telah berpuasa seharian menahan lapar dan haus. Bila perut yang kosong di isi dengan makanan dalam porsi besar akan langsung kaget. Selain itu sistem pencernaan akan langsung bekerja keras mencerna makanan, tentu tidak baik bila ini menjadi kebiasaan yang berlangsung lama.

Jadi, sebaiknya ketika berbuka puasa di awali dengan yang ringan-ringan terlebih dahulu agar sistem pencernaan tidak kaget, mudah untuk mencerna makanan. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan manis seperti kurma, atau makanan dan minuman manis lainnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)