Blewah, Buah Khas Berbuka Puasa yang Kaya Akan Manfaat

14 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Berbuka puasa memang enak mengonsumsi sesuatu yang segar-segar. Salah satu buah yang sering dikonsumsi dan dijadikan isi dari menu es buah saat bulan Ramadan yaitu buah blewah. Buah yang mirip dengan melon ini memiliki banyak sekali air dan kandungan yang ternyata bergizi untuk tubuh manusia.

Nutrisi pada buah blewah terkenal beragam membuat buah ini menjadi favorit dan sering dikonsumsi. Kandungan seperti mineral kalium, provitamin A, vitamin C, vitamin B6 serta serat makanan dapat Anda dapatkan dari satu buah blewah yang Anda konsumsi.

Tak hanya nutrisi, blewah juga terkenal dengan kandungan enzimnya di mana berfungsi sebagai penyerapan yang sangat baik. Buah ini akan membantu pencernaan mencerna makanan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa, sehingga lambung tidak mudah terluka.

Ingin tahu apa saja manfaat kesehatan dari buah khas berbuka puasa yang satu ini? Simak ulasan berikut.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah blewah merupakan hal yang tepat untuk Anda pilih dan konsumsi. Pasalnya, blewah dikenal dengan kandungan gula dan kalori yang rendah. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda konsumsi rutin buah blewah apalagi di bulan puasa kali ini.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium, vitamin C dan juga potasium yang ada pada buah blewah menjadikan buah yang satu ini bisa membantu menurunkan tekanan darah. Buah blewah juga tidak memiliki kandungan kolestrol sama sekali. Jadi, buah ini sangat cocok dan aman bagi bagi penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit yang menjadi penyebab utama kematian tertinggi di Indonesia ini menjadi momok bagi setiap orang. Nah, dengan mengonsumsi buah blewah, Anda bisa mencegah itu semua. Kandungan vitamin C yang tinggi pada blewah dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluh darah. RDA (Recommended Dietary Allowance) sendiri menyarankan kita agar mengkonsumsi betakaroten, sekitar 5-6 mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah ini, secara teratur sehingga jantung tetap sehat.

Nah, itu tadi beberapa manfaat kesehatan yang ada pada blewah, buah khas berbuka puasa. Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari buah blewah diantaranya mengatasi insomnia, mengatasi maag, hingga menyehatkan janin pada ibu hamil.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)