Bila Bayi Menelan Benda Asing

20 April 2010 Artikel Kesehatan


Kompas.com - Rasa ingin tahu bayi yang besar membuatnya tidak puas hanya menyentuh dan memainkan aneka benda, terkadang ia juga penasaran untuk "mencicipinya", bahkan menelannya. Benda-benda mengkilap dan berwarna seperti uang logam, biji buah-buahan, kertas, atau mainan berukuran kecil merupakan benda favorit anak-anak untuk dimasukkan ke dalam mulut.

Benda-benda asing yang dimasukkan ke mulut pada umumnya bisa melewati saluran pencernaan tanpa menimbulkan gangguan dan akan dikeluarkan secara alami bersama kotoran. Tapi terkadang benda-benda tersebut bisa terperangkap di dalam perut.

Meski belum ada data tentang bahaya kematian akibat menelan benda-benda, tetapi diperkirakan 500-1000 anak di Amerika Serikat tiap tahunnya meninggal karena mainan. Oleh sebab itu, segera cari bantuan jika terjadi tanda atau gejala berikut:

- Kesulitan menelan
- Mengeluarkan air ludah
- Sakit perut atau muntah.
- Kesulitan bernapas, karena ini adalah tanda benda yang tertelan menyumbat saluran pernapasannya.

Waspadai bila anak menelan baterai kancing (biasa dipakai untuk jam tangan, kamera, atau mainan). Baterai jenis ini mengandung cairan basa yang berbahaya, bahkan ada yang mengandung merkuri yang bisa mengancam nyawa.

Jika anak menelan baterai kancing, segera cari bantuan medis darurat. Bila baterai itu sampai masuk ke dalam perut atau usus, bisa menimbulkan tanda dan gejala seperti nyeri perut, meradang, sembelit, muntah, dan demam.

sumber: kompas.com