Bikin Kebab yang Lebih Sehat dan Lezat

12 Agustus 2010 Artikel Kesehatan


Rasanya, tidak ada orang yang tidak menyukai sajian barbeque. Sate, kebab, adalah beberapa di antaranya. Mengonsumsi terlalu banyak daging sering kali dianggap kurang sehat. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat kebab yang lebih sehat dengan mencampurnya dengan sayur-sayuran segar.

Untuk persiapan, Anda dapat mulai menusuk daging atau ikan yang diselingi dengan berbagai sayuran segar. Pilih daging tanpa lemak dan buah atau sayuran, seperti paprika, nanas, mentimun, dan tomat. Kemudian lumuri daging dan sayuran dengan saus rendah kalori yang memiliki cita rasa sesuai selera Anda. Anda hanya butuh beberapa menit untuk merangkainya dan memperoleh kelezatannya. Beberapa trik lain yang bisa Anda terapkan adalah:

1. Rendam tusuk sate ke dalam air selama 20 menit atau lebih sebelum menggunakannya. Kelembaban tusuk sate akan mencegah tusukan kayu mudah terbakar sehingga membuat daging berjatuhan ke dalam arang.

2. Protein yang Anda masak akan menentukan ukuran hasil masakan Anda. Udang dan kerang matang dengan cepat sehingga buah dan sayuran harus dipotong lebih kecil-kecil. Sedangkan daging ayam membutuhkan waktu memasak lebih lama, maka potongan sayuran pun sebaiknya lebih besar.

3. Anda juga dapat merendam daging yang sudah ditusukkan ke tusuk sate ke dalam saus sebelum dipanggang. Untuk membuat kebab daging, rendam sekitar 2 jam. Tetapi, kebab seafood sebaiknya tidak direndam lebih dari 30 menit. Atau, lumuri saus pada daging sesaat sebelum dipanggang. Bubuhkan kembali saus ketika daging setengah matang. Entah daging telah dibumbui atau tidak, kebab akan terlihat lebih menggiurkan bila dibubuhi lagi dengan saus yang membuatnya berkilat, sebelum menyajikannya di meja makan.

4. Pastikan panggangan tidak terlalu panas sehingga membuat bagian luar daging gosong, tetapi masih sedikit mentah di dalamnya. Buat agar panasnya cukup membuat permukaan daging menjadi kecoklatan.

5. Untuk membuat kebab yang lezat, Anda bisa memilih berbagai jenis daging, antara lain:
* Daging sapi: Daging tanpa lemak seperti sirloin atau tenderloin menjadi pilihan yang paling baik.
* Dada ayam atau paha
* Udang yang dikupas
* Ikan salmon

Sumber: female.kompas.com