Bijak Konsumsi Antibiotik

24 Januari 2011 Artikel Kesehatan


Antibiotik yang semestinya berguna dalam mengatasi infeksi bisa menjadi tidak efektif bila dikonsumsi berlebihan. Banyak pula orang yang memutuskan menggunakan antibiotik, padahal mereka tak membutuhkannya.

Di sisi lain, terkadang ada beberapa dokter yang memberikan resep antibiotik kepada pasien padahal mereka tak 100 persen membutuhkannya. Inisiatif menggunakan antibiotik tanpa resep dokter juga tidak dapat dikatakan efektif karena belum tentu jenis antibiotik yang kita minum memang sesuai untuk menumpas bakteri jahat yang ada di tubuh kita.

Maka itu, bila memang tak diperlukan, dokter tak akan memberikan antibiotik kepada Anda. Meski begitu, jangan memaksa dengan membeli sendiri antibiotik tanpa resep atau mengambilnya dari resep orang lain. Lalu bagaimana cara agar kita mengetahui kondisi yang tepat untuk menggunakan antibiotik?

1. Bersabarlah
Katakan pada dokter Anda bersedia menunggu hingga hasil laboratorium keluar guan mengetahui secara persis jenis bakteri jahat yang ada di tubuh. Dengan begitu, dokter pun akan tahu persis jenis antibiotik atau obat apa saja yang memang sesuai.

2. Terbuka
Menurut hasil studi, banyak dokter yang memberikan resep kerana mereka melihat pasien menginginkannya, padahal sebenarnya tidak diperlukan. Bicaralah secara terbuka dengan dokter. Dan katakan saja Anda tidak masalah jika tidak diberikan resep karena memang tak butuh.

3. Minum obat sesuai aturan
Minum obat sesuai dengan aturan yang diberikan dokter. Jika menurut dokter, Anda memang membutuhkan antibiotik, minumlah sesuai dosis yang diperlukan. Menghentikan antibiotik terlalu dini malah bisa membuat tubuh resistan terhadap obat.

Sumber: mediaindonesia.com