Bifosfonat Perkecil Risiko Kanker Usus Besar

1 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Para ilmuwan menemukan bahwa penggunaan bifosfonat, obat yang biasa dikonsumsi jutaan perempuan sehat untuk mencegah pengeroposan tulang, bisa memperkecil risiko kanker kolorektal pascamenopause hingga 50 persennya.

Pemimpin peneliti Prof Gad Rennert dari Technion-Israel Institute of Technology Faculty of Medicine mengatakan temuan ini bisa mendukung peran bifosfonat sebagai obat baru untuk pencegahan kanker.

Rennert dan koleganya mengambil data dari studi epidemiologi molekuler dari kanker kolorektal (MECC). Dengan data tersebut, tim peneliti lalu mengevaluasi penggunaan bifosfonat pada 1.866 sukarelawan perempuan pascamenopause.

Kemudian ditemukan bahwa penggunaan bifosfonat sebelum diagnosis terkait dengan berkurangnya risiko kanker kolorektal secara signifikan. Hasilnya pun tetap sama setelah dilakukan penyesuaian dengan berbagai faktor risiko lainnya seperti sejarah medis keluarga, pola makan, aktivitas fisik, indeks massa tubuh, dan penggunaan obat-obat lain seperti aspirin, dan statin. Menurut rencana, hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Oncology pada 22 Februari.

Sumber: mediaindonesia.com