Berikut adalah 5 Manfaat dan Kandungan Cabai Rawit

23 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Cabai rawit atau cabai kathur, adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Siapa sangka siapa duga di balik bentuknya yang kecil mungil menggemaskan ini terkandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, banyak orang yang kurang suka dengan cabai rawit, hal ini di karenakan rasaya yang pedas sehingga tak jarang orang yang memanfaatkan cabai hanya sebagai bumbu dapur saja,

Oleh karena itu artikel manfaat cabai rawit ini hadir untuk memberikan info yang sebenarnya. Cabai rawit memiliki aneka manfaat dan khasiat yang bisa Anda gunakan sebagai obat tradisional yang ketika masa lampau sering menjadi pengobatan utama.

Cabai rawit terkadang memiliki nama yang berbeda-beda di setiap negara, di Malaysia dan Singapura misalnya yang menyebut cabai rawit dengan cili padi. jika di daerah jawa cabai ini lebih di kenal dengan nama Lombok rawit.

Mari sekarang kita melihat berbagai manfaat yang terkandung pada cabai atau lombok rawit ini yang berguna untuk tubuh kita.

1. Mengurangi Kolesterol

Seperti kebanyakan orang memakan gorengan (mengandung kolesterol) mereka memakan dengan tambahan cabe kare di percaya cabe dapat mengurangi kolesterol, jadi di saat kolesterol kita menambah, saat itu juga kolesterol kita berkurang. Dengan memakan cabe maka akan membakar kalori. kemampuan cabe dalam membakar kalori sekitar 25% kalori dalam tubuh kita bisa terbakar dengan mengkonsumsi cabe. Mungkin banyak yang belum tau tetapi nenek moyang mengajarkan cara yang benar, walapun itu berjalan dengan sendirinya karena tidak ada yang mengajarkan makan gorengan dengan cabe, dan masih banyak manfaat cabe yang lain,

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Cabe juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Dengan mengkonsumsi cabe, nafsu makan seseorang bisa meningkat dikarenakan adanya zat capsaicin yang mampu merangsang produksi hormon endophrin.

3. Mengurangi Resiko Terkena Kanker.

Menurut sebuah penelitian di laboratorium Inggris, kandungan capsaicin pada cabe yang menimbulkan rasa pedas mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal apabila dikonsumsi secara rutin.

4. Mencegah Stroke

Cabe juga bisa mengurangi resiko seseorang terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner.

5. Memperbaiki Hormon

Cabe dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, afrodiask, dan memperlambat penuaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan yaitu vitamin C dan betakaroten pada cabe.

Begitu banyak manfaat dari alam jika kita mau dan tau untuk memanfaatkannya, karena ciptaan Tuhan tidak akan pernah ada yang sia-sia, kita saja yang masih belum mengerti untuk cara memanfaatkanya dengan baik,

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)