Berbuka Puasa dengan Teh Hitam Yuk

8 Agustus 2011 Artikel Kesehatan


Berbuka puasa rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran minuman manis nan hangat seperti teh . Selain mudah dicerna, teh manis hangat juga akan membuat kadar gula darah kita berangsur-angsur normal.

Dari sekian banyak jenis teh, pernahkan Anda mencoba untuk berbuka dengan teh hitam? Ya, teh ini memang kurang dikenal jika dibandingkan dengan teh hijau atau teh melati, secangkir teh hitam mampu menyehatkan jantung dan sirkulasi darah.

Seperti diutarakan Dr Carrie Ruxton, seorang ahli gizi, teh hitam juga telah terbukti mengurangi risiko kanker, diabetes, stroke, dan kerusakan gigi.

"Hasil studi menunjukkan bahwa kedua jenis teh ini memiliki efek serupa dalam fungsi vaskular yang mengarah ke pengurangan risiko stroke," katanya seperti dikutip dari Daily Mail.

Ruxton menyimpulkan bahwa teh hitam dan hijau yang berasal dari tanaman Camellia sinensis mengandung senyawa yang mirip sehingga menawarkan manfaat kesehatan yang sama.

Pada tahun 2001, review dari 17 studi menyimpulkan bahwa risiko serangan jantung akan menueurn sebesar 11 persen pada mereka yang meminum tiga cangkir teh hitam setiap hari.

"Teh hitam terus menunjukkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak ada salahnya kini belalih ke teh jenis ini," kata Dr Catehrine Hood. (Pri/OL-06)

Sumber: mediahidupsehat.com