Berbagai Manfaat Telur bagi Kesehatan

4 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Dalam hal nutrisi, telur sangat susah ditandingi. Itu mengapa telur dikategorikan sebagai ‘superfood’ alias makanan super. Telur memberikan banyak manfaat bagi tubuh, sumber protein tinggi, meningkatkan kecerdasan otak, dan banyak manfaat kesehatan lainnya. Dan faktanya, telur memang mengandung sangat banyak paket nutrisi alami, yang biasanya harus kita peroleh dari kombinasi beberapa makanan sekaligus. Telur sebagai sumber protein mengandung banyak keuntungan, antara lain asam amino lengkap. Telur sendiri memiliki rasa lezat sehingga disukai banyak orang. Telur tidak hanya sekedar mengandung vitamin A, B, D, dan E, telur juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, zat besi, fosfor kalium, selenium dan seng.

Kuning telur kaya akan karbohidrat sehingga dapat menjadi makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi. Selain itu, telur juga mengandung karotenoid lutein serta zeaxanthin yang mampu menjaga kesehatan mata. Telur adalah makanan yang memiliki banyak manfaat, antara lain:

Meningkatkan konsentrasi
Jangan lupa untuk memberikan telur pada menu makanan anak Anda. Nutrisi yang baik dari telur dapat menambah konsentrasi seorang anak saat belajar.

Menjaga tubuh tetap sehat
Telur adalah sumber terbaik dari protein yang lengkap yang kaya akan asam amino yang penting untuk manusia. Telur ini mampu mengendalikan tingkat penyerapan kalori di dalam tubuh. Jadi jika Anda ingin mengelola berat badan, maka telur adalah pilihan tepat. Telur ini memiliki gizi yang tinggi yang dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan serta menjaga tubuh agar tetap sehat.

Pengembangan otak
Kolin, zat yang terdapat di dalam kuning mampu membantu merangsang perkembangan otak. Anda bisa mulai secara rutin mengonsumsi dua telur besar sebagai asupan harian Anda. Dengan begitu otak pun akan mengalami perkembangan.

Mencegah gumpalan darah
Mengonsumsi telur mampu membantu mencegah resiko terkena serangan jantung serta stroke untuk mencegah terjadinya suatu pembekuan di dalam darah. Telur juga memiliki kandungan antioksidan penting yang dikenal dengan sebutan selenium yang dapat membantu menghambat pembekuan di dalam dosis tertentu.

Memperkuat tulang dan menjaga kekebalan tubuh
Telur adalah sumber vitamin D yang mampu membantu memperkuat tulang serta menjaga kekebalan tubuh.

Mencegah kanker payudara
Sebuah studi menunjukkan bahwa seorang wanita yang rutin mengonsumsi 6 butir telur per minggu mampu mencegah resiko terkena kanker payudara sebanyak 44%.

Jadi mulai sekarang Anda tahu bahwa telur tidak hanya berperan sebagai sumber protein, namun juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)