Berbagai Manfaat Jengkol bagi Kesehatan Organ dalam Tubuh

13 Oktober 2015 Artikel Kesehatan


Manfaat jengkol belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, sangat sayang padahal sayuran ini cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Jengkol menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena teksturnya yang empuk bila dimasak dengan benar dan rasanya yang sangat khas. Jengkol sering dihidangkan sebagai lauk atau menu utama. Kini semakin kreatifnya masyarakat kita, jengkol pun kini dapat diolah sebagai camilan. Sebut saja keripik jengkol. Aroma jengkol memang sangat tajam. Namun tahukah Anda dibalik tajamnya aroma jengkol, Jengkol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat jengkol bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu.

Berikut beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan, diantaranya:
1. Jengkol dapat menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh

Jengkol merupakan contoh makanan yang kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B6. Tercukupinya kedua zat tersebut akan membuat organ-organ penting dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik dan stabil. Karena itulah maka ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat demi perkembangan janinnya.

2. Mengontrol kadar gula darah
Jengkol memiliki kandungan zat gula yang bersahabat’dengan para penderita diabetes. Hal ini karena zat gula pada jengkol merupakan zat gula yang paling mudah diurai sehingga aman untuk penderita diabetes. Alhasil, stamina tubuh pun akan meningkat. Proses penguraian zat gula yang sempurna tidak akan menimbulkan timbunan gula darah di dalam tubuh.

3. Zat Antioksidan bermanfaat menjaga kesehatan jantung
Kandungan antioksidan dalam jengkol baik untuk kesehatan tubuh, termasuk juga jantung. Dengan kecukupan zat antioksidan maka akan membuat toksin atau racun sulit masuk ke dalam tubuh, khususnya jantung. Selain itu, segala sesuatu yang menghambat aliran darah dalam pembuluh darah juga akan hilang oleh zat yang terkandung pada jengkol. Aliran darah pun akan menjadi lebih lancar dan jantung pun akan berfungsi dengan baik dan optimal.

4. Mengatasi sembelit pada ibu hamil
Jengkol memiliki kandungan serat yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit yang biasa terjadi pada ibu hamil. Serat pada jengkol dapat membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar.

5. Mencegah kecacatan pada bayi
Manfaat asam folat bagi ibu hamil adalah mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. Dengan tercukupinya kebutuhan asam folat, salah satunya dengan cara mengonsumsi jengkol, akan mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat.

Jumlah konsumsi jengkol yang dianjurkan hanya 3 hingga 10 gram saja per hari. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap sehat meski Anda makan jengkol setiap hari. Mengonsumsi jengkol dengan bijak akan membuat Anda dapat terus menikmati kelezatan dari berbagai jenis olahan dari buah jengkol. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)