Berbagai Kebiasaan Berikut Ini yang Membuat Anda Jadi Insomnia

20 Oktober 2016 Artikel Kesehatan


Insomnia atau kondisi seseorang yang sulit tidur dan tetap terjaga di malam hari ini memang menjadi masalah untuk beberapa orang. Tentu hal ini akan sangat mengganggu produktivitas seseorang terutama bagi yang memiliki aktivitas di pagi hari.

Sebenarnya, insomnia dapat timbul karena berbagai kebiasaan yang tanpa Anda sadari lakukan setiap harinya. Seperti kebiasaan Anda tidur telat atau keranjingan begadang, bermain gadget sebelum tidur dan masih banyak lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kesekolah.com akan membagikan informasi berbagai kebiasaan yang bisa membuat Anda jadi insomnia.

Menonton TV

Asyiknya menonton acara tv juga bisa mempengaruhi kualitas tidur jika tanpa dibatasi waktunya, apalagi kalau acaranya lagi seru pastinya jadi tidak tidur-tidur sampai larut malam. Jadi sebaiknya sebelum tidur tidak menonton tv terlebih dahulu.

Terlalu Sering Begadang

Kebiasaan buruk terakhir yang bisa menyebabkan seseorang menjadi insomnia adalah karena terlalu sering begadang. Seseorang yang begadang dimalam hari biasanya akan tidur seharian dari pagi hingga siang bahkan sore hari. nah, apabila kebiasaan ini terus berlanjut maka tentu saja tubuh akan merespon hal tersebut dan membuat jam biologis kita terganggu.

Browsing Internet Sebelum Tidur

Browsing internet sebelum tidur akan membuat anda menjadi lupa untuk tidur dan pada akhirnya akan terlambat tidur karena keasyikan online. Karena seperti yang kita ketahui bahwa browsing di internet bisa membuat seseorang menjadi lupa waktu. Jadi, kurangi kebiasaan buruk ini jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas.

Membaca Buku Di Tempat Tidur

Tidak ada yang melarang Anda untuk membaca buku karena buku adalah jendela dunia sehingga banyak informasi yang bisa kita dapatkan apabila rutin membaca buku. Namun, membaca buku sebelum tidur bukanlah ide yang bagus karena hal ini justru akan membuat Anda mengalami insomnia atau sulit tidur dan hal ini telah dilakukan penelitian oleh Universitas Harvard

Nah, itulah kebiasaan sepele yang bisa membuat insomnia sehingga harus ditinggalkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tidur yang berkualitas bisa membuat tubuh menjadi bugar kembali.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)