Berapa Lama Virus Flu Menular?

27 Januari 2011 Artikel Kesehatan


JAKARTA - Ketika musim flu datang, adalah penting untuk ekstra waspada menghindari paparan virus. Seseorang dengan flu dapat menularkan virus satu hari sebelum mereka bahkan mulai menunjukkan gejala virus. Dan mereka akan terus menular selama lima hari setelah mereka mengembangkan gejala.

Jadi ketika Anda mulai batuk-batuk atau tenggorokan sakit menjelang flu, maka Anda secara aktif sudah menularkan virrus pada orang-orang di sekitar Anda. Anak-anak dan orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang bagus dapat tertular hingga dua minggu kemudian.

Walaupun merupakan ide yang baik untuk mencuci tangan Anda lebih sering selama musim flu, kebanyakan orang sering terkena flu saat mereka melakukan kontak mulut atau hidung. Juga saat bersin atau batuk.

Tanpa Anda tahu, semprotan uap air saat Anda bersin atau batuk bisa mengkau hingga satu meter. Orang-orang di sekitar Anda bisa tertular dengan menyentuh tetesan ini pada sofa, meja, atau tombol pintu dan kemudian "diantarkan" tanpa sadar dengan menyentuh mulut atau hidung.

Jika Anda telah terkena virus flu, akan memakan waktu satu sampai empat hari untuk gejalanya untuk berkembang. Namun, jika Anda ingin memastikan bahwa itu adalah flu biasa atau flu yang perlu diwaspadai, Anda harus diperiksa oleh dokter. Gejala-gejala flu serius - semisal flu babi atau flu burung - cukup mirip dengan flu biasa akibat pergantian cuaca.

Sumber: republika.co.id