Beragam Jenis Beras dan Manfaatnya

29 November 2014 Artikel Kesehatan


Beras menjadi makanan pokok utama di Indonesia. Beras ditanak menjadi nasi yang menjadi makanan kita sehari - hari. Beras putih adalah jenis beras yang umumnya dikonsumsi oleh warga Indonesia. Berbagai nutrisi sehat terkandung dalam bahan makanan ini.

Selain beras putih, masih banyak lagi jenis - jenis beras lainnya. Masing - masing memiliki manfaat kesehatan yang berbeda - beda. Dibawah ini ada berbagai macam jenis beras:

1. Beras Putih

Seperti yang dijelaskan di atas, beras putih merupakan makanan yang umum dikonsumsi oleh warga Indonesia. TTidak hanya Indonesia, wilayah sekitar Asia juga mengkonsumsinya. Jenis beras ini juga mudah untuk di olah menjadi berbagai macam makanan dan cemilan. Manfaat dari beras putih yaitu dapat mengurangi gangguan pencernaan, mengurangi risiko radang usus, dan mual pada ibu hamil.

2. Beras merah

Beras merah memiliki tekstur yang lebih kasar dari beras putih. Maka dari itu, tidak banyak orang menyukai beras merah. Walaupun teksturnya yang kasar, beras ini memiiki manfaat yang banyak, terutama untuk pengidap diabetes. Sebab, beras merah dapat menjaga jumlah zat besi dalam tubuh yang mengatur gula darah dan insulin. Vitamin B6 pada beras ini juga baik untuk menyeimbangkan pembentukan serotonin dan sel darah merah yang pentik untuk pembentukan sel DNA.

3. Beras cokelat

Terkadang orang sering terkecoh oleh beras cokelat dan beras merah. Sebab warna dari kedua beras ini hamper sama. Kandungan minyak dalam jenis beras ini dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Beras ketan

Jenis beras yang satu ini biasanya digunakan untuk mengolah berbagai macam kue. Bisa juga dimasak secara langsung, rasanya pun gurih. Beras inikaya akan zat tembaga yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, jaringan tubuh. Dan meningkatkan perkembangan otak.

5. Beras hitam

Beras ini jarang sekali untuk ditemukan. Di daerah tertentu, beras hitam biasa disebut dengan beras wulung, beras jiltheng, beram item, atau beras gadog. Sultan Jogja menjadikan beras hitam sebagai makanan pokoknya sehari - hari. Dari jenis - jenis beras lainnya, beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik. Kandungan zat anti inflamasi dan anti oksidan pada beras hitam dapat mengobati Alzheimer dan diabetes.

Itulah kelima jenis beras dengan manfaatnya masing - masing. Semoga bermanfaat!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)