Benarkah Minum Kopi Membuat Susah Buang Air Besar?

19 Mei 2017 Artikel Kesehatan   |    Dr. Vanny Bernardus


Salah satu masalah kesehatan yang paling menyebalkan adalah susah buang air besar atau sembelit. Bagaimana tidak, perut bisa terasa tidak nyaman namun kita tak kunjung bisa mengeluarkan kotoran. Menurut pakar kesehatan, masalah susah buang air besar ini tidak boleh disepelekan begitu saja karena andai kotoran terus menumpuk pada perut tak segera dikeluarkan, hasilnya bisa sangat buruk dan memicu gangguan kesehatan yang cukup serius.

Mengapa kita bisa mengalami masalah susah buang air besar? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini kerap kali disebabkan oleh kebiasaan kita dalam mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, khususnya yang kaya akan kandungan lemak dan kalori. Makanan-makanan yang enak dan mengenyangkan ini ternyata bisa membuat tekanan berlebihan pada hati dan sistem pencernaan sehingga memicu masalah susah buang air besar. Tak hanya makanan kaya lemak dan kalori, Cukup banyak orang berkata bahwa beberapa jenis makanan atau minuman tertentu layaknya kopi bisa menyebabkan kita susah buang air besar. Apakah hal ini benar adanya?

Dolly Kumar, Pakar kesehatan yang berasal dari India menyebutkan bahwa konsumsi kopi yang berlebihan, yakni lebih dari dua cangkir setiap hari, ternyata memang mampu membuat kita susah buang air besar. Asupan kafein yang berlebihan ternyata bisa membuat proses detoksifikasi pada hati melambat sekaligus membuat kinerja sistem pencernaan menurun. Untuk mengatasinya, cobalah beralih dari konsumsi kopi ke konsumsi teh hijau yang lebih baik bagi saluran pencernaan.

Tak hanya kopi, asupan beberapa produk susu dalam jumlah tinggi, terkecuali yoghurt, ternyata bisa berimbas buruk bagi kesehatan pencernaan dan memicu susah buang air besar. Produk susu ternyata bisa membuat produksi lendir pada hati meningkat namun menurunkan kinerja sistem pencernaan. Hal yang sama juga terjadi andai kita mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita membatasi asupan kopi, susu, dan gula dengan tidak berlebihan agar tidak mudah terkena masalah buang air besar. Tak hanya itu, perbanyaklah asupan serat dan air putih demi menjaga kesehatan saluran pencernaan.

(Penulis adalah Dr. Vanny Bernardus)
Tulisan lainnya bisa dilihat di doktersehat.com)